Show simple item record

dc.contributor.advisorDamanik, Simson
dc.contributor.authorBagus, Daniel
dc.date.accessioned2022-01-31T01:53:51Z
dc.date.available2022-01-31T01:53:51Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/47211
dc.description.abstractHubungan antara dokter dan pasien, komunikasi memiliki peran yang sangat penting. Melalui komunikasi, pasien mengutarakan keluhan-keluhan yang dirasakan, dan kemudian dokter menjelaskan cara penyembuhan kepada pasien. Dalam hubungan ini diperlukan komunikasi yang efektif agar proses penyembuhan berjalan dengan baik dan pasien merasa puas dengan pelayanan dokter. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perspektif pasien mengenai komunikasi dokter gigi-pasien di Puskesmas Teladan dan Klinik Swara Medika. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan kuisioner kepada 64 pasien poli gigi Puskesmas Teladan dan Klinik Swara Medika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dokter gigi-pasien berdasarkan perspektif pasien di Puskesmas Teladan dan Klinik Swara Medika sebanyak 67,19 – 89,06 % menyatakan setuju dalam dimensi membangun hubungan sebanyak 89,06%, dimensi membuka diskusi sebanyak 76,56%, dimensi mengumpulkan informasi sebanyak 74,22%, dimensi memahami sudut pandang pasien terhadap penyakit sebanyak 72,4%, dimensi memberi informasi sebanyak 67,19%, dimensi mencapai kesepakatan dan rencana perawatan sebanyak 79,69%, dimensi menyampaikan penutup sebanyak 76,04%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKomunikasi Dokter Gigi-Pasienen_US
dc.titleKomunikasi Dokter Gigi-Pasien Berdasarkan Perspektif Pasien di Puskesmas Teladan dan Klinik Swara Medikaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM140600183
dc.description.pages65 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record