Analisis Persepsi Pasien Pengguna Kartu BPJS Terhadap Pelayanan di Rumah Sakit (Studi Deskriptif Rumah Sakit Permata Bunda Medan)
Abstract
The existence of BPJS services for treatment will facilitate a person to get health services and BPJS has different categories. The patient category is divided into two: PBI (Beneficiary) and Non PBI (No Beneficiary). The patient category was viewed on the basis of social and economic factors. In this study will see how the perception of patients based on socio-economic background that can be categorized PBI and Non PBI patients assess health services at Permata Bunda Hospital, especially outpatients.
The research method used is quantitative with descriptive approach. With data source from questionnaire assessment of outpatient BPJS in Permata Bunda hospital heart polyclinic.Sampling method using Proportionate Stratified Random Sampling with total population 30 patient of PBI and 246 patient of Non PBI. The number of samples taken was 23 patients of PBI and 71 non-PBI patients. Data analysis was performed using single table analysis technique and cross table.
Result of research Of five indicator of service terebut there is difference of perception between PBI patient with Non PBI, it seen in result of chi-square statistic test which in indicator of service tangibles signification value (0,01) > 0,637, reliability significance value (0,01) > 0,640, responsive significance value (0,01) > 0,661, assurance of significance value (0,01) > 0,145, and empathy significance value (0,01) > 0,204 hence result conclusion is (Ha) accepted that is difference of perception of patient BPJS PBI with Non PBI to Permata Bunda Medan Hospital services. Adanya pelayanan BPJS untuk berobat akan mempermudah seseorang mendapatkan pelayanan kesehatan dan BPJS ini memiliki perbedaan kategori. Kategori pasien dibagi menjadi dua yaitu pasien PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan Non PBI (Tidak Penerima Bantuan Iuran). Kategori pasien tersebut dilihat berdasarkan latar belakang faktor sosial dan ekonomi. Dalam penelitan ini akan melihat bagaimana persepsi pasien berdasarkan latar belakang sosial ekonomi yang dapat dikategorikan pasien PBI dan Non PBI menilai pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Permata Bunda khususnya pasien rawat jalan.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.Dengan sumber data dari penilaian kuesioner pasien rawat jalan BPJS di polklinik jantung rumah sakit Permata Bunda. Metode pengumpulan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling dengan total populasi 30 orang pasien PBI dan 246 orang pasien Non PBI. Jumlah sampel yang diambil adalah menjadi 23 orang pasien PBI dan 71 orang pasien Non PBI. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis tabel tunggal dan tabel silang.
Hasil penelitian Dari lima indikator pelayanan terebut ada perbedaan persepsi antara pasien PBI dengan Non PBI, hal itu terlihat pada hasil uji statistik chi-Square yang dimana pada indicator pelayanan tangibles nilai signifikasi (0,01)>0,637, reliability nilai signifikasi (0,01)> 0,640, responsive nilai signifikasi (0,01)>0,661, assurance nilai signifikasi (0,01)>0,145, dan emphaty nilai signifikasi (0,01)> 0,204 maka hasil kesimpulannya adalah (Ha) diterima yaitu adanya perbedaan persepsi pasien BPJS PBI dengan Non PBI terhadap pelayanan Rumah Sakit Permata Bunda Medan.
Collections
- Undergraduate Theses [1027]
