Analisis Sikap Multiatribut Fishbein Konsumen Produk Terasi Awai Na dan Produk Terasi Indofood di Kota Langsa
View/ Open
Date
2021Author
Safrizal
Advisor(s)
Wibowo, Rulianda P.
Supriana, Tavi
Metadata
Show full item recordAbstract
Safrizal (177039007) with the thesis title “ Analysis of Multi-attribute
Fishbein attitudes on Awai Na shrimp paste products and Indofood shrimp
paste products in Langsa city” under the guidance of Mr. Dr. Rulianda P.
Wibowo, SP, M.Ec as chair of the advisory commission and Mrs. Dr. Ir. Tavi
Supriana, MS as member of the advisory commission. This study aims to analyze
consumer attitudes towards Awai Na shrimp paste products and Indofood shrimp
paste products in Langsa City, to analyze consumer ratings of the attributes of
Awai Na shrimp paste products and Indofood shrimp paste products in Langsa
City, and to analyze consumer confidence in these attributes on Awai Na shrimp
paste products and on Indofood shrimp paste products in Langsa City. The
analytical method used is the Fishbein Multi Attribute Attitude Model. The multiattribute
attitude model explains that consumer attitudes towards an attitude object
(product or brand) are largely determined by consumer attitudes towards the
evaluated attributes. The shrimp paste attributes used in this study consisted of:
price, taste, aroma, color, texture, and size. The results of this study indicate that
based on the Fishbein score, the total score for Awai Na shrimp paste products
(3.142) is greater than Indofood shrimp paste products (0.999). This means that
consumers in Langsa City prefer Awai Na shrimp paste products to Indofood
shrimp paste products for consumption. Consumers prefer Awai Na shrimp paste
over Indofood shrimp paste, because consumers perceive all attributes of Awai Na
shrimp paste as better than Indofood's shrimp paste attributes. Consumers'
evaluations of the Awai Na and Indofood shrimp paste are influenced by the
consumer's experience in consuming the Awai Na and Indofood shrimp paste. Safrizal (177039007) dengan judul tesis “Analisis Sikap Multiatribut
Fishbein Konsumen Produk Terasi Awai Na dan Produk Terasi Indofood di
Kota Langsa” dibawah bimbingan Bapak Dr. Rulianda Purnomo Wibowo, S.P,
M.Ec sebagai Ketua Komisi Pembimbing dan Ibu Dr. Ir. Tavi Supriana, MS
sebagai Anggota Komisi Pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis sikap konsumen terhadap produk terasi Awai Na dan produk terasi
Indofood di Kota Langsa, untuk menganalisis penilaian konsumen terhadap
atribut-atribut pada produk terasi Awai Na dan produk terasi Indofood di Kota
Langsa, dan untuk menganalisis kepercayaan konsumen terhadap atribut-atribut
pada produk terasi Awai Na dan terhadap produk terasi Indofood di Kota Langsa.
Metode analisis yang digunakan adalah Model Multi Atribut Sikap Fishbein.
Model sikap multiatribut menjelaskan bahwa sikap konsumen terhadap suatu
objek sikap (produk atau merek) sangat ditentukan oleh sikap konsumen terhadap
atribut-atribut yang dievaluasi. Adapun atribut terasi yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri dari: harga, rasa, aroma, warna, tekstur, ukuran. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan skor Fishbein, skor total untuk
produk terasi Awai Na (3,142) lebih besar dibandingkan produk terasi Indofood
(0,999). Ini berarti bahwa konsumen yang ada di Kota Langsa lebih memilih
produk terasi Awai Na dibandingkan produk terasi Indofood untuk dikonsumsi.
Konsumen lebih menyukai terasi Awai Na dibandingkan terasi Indofood, karena
konsumen menilai semua atribut terasi Awai Na lebih baik dari atribut terasi
Indofood. Penilaian konsumen terhadap terasi Awai Na dan terasi Indofood
tersebut dipengaruhi oleh pengalaman konsumen dalam mengkonsumsi terasi
Awai Na dan terasi Indofood tersebut.
Collections
- Master Theses [287]
