| dc.contributor.advisor | Syam, Bustami | |
| dc.contributor.author | Sinaga, Rijoi | |
| dc.date.accessioned | 2022-02-10T08:14:16Z | |
| dc.date.available | 2022-02-10T08:14:16Z | |
| dc.date.issued | 2021 | |
| dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/47551 | |
| dc.description.abstract | Boom gate (parking portal) is a tool that has a function as an automatic bar which is usually used in parking areas. The current parking barrier system cannot be separated from the controller system and electric motor as a producer of electrical energy which will be converted into mechanical energy. However, the parking barrier system currently used, especially in the Sumatran region, still uses an AC motor drive system and some use a hydraulic drive system. This drive system still uses electricity from PLN. The cost of components and maintenance of this drive system is also known to be quite expensive. In this design, we will try to change one of the components on the parking bar, namely changing the mechanical drive system from AC and hydraulic motors to DC motors. This mechanical system design is made for motorcycle vehicles. The method used is a design by calculating the required components such as: electric motor, gearbox, and sprocket as well as product development. The purpose of this study was to obtain a calculation of the components required by the parking portal mechanical system to do the opening and closing work with a duration of 1.5 seconds and the opening and closing angle of 90º. The result of this study, it was found that the components needed by the boom gate mechanical system to do the work of opening and closing the bars for 1.5 seconds, namely: DC motor (24V, 250 W, 2750 rpm), gearbox type 40 ratio 1:60, and sprocket 1: 4.5 (10 teeth and 45 teeth). The conclusion obtained is to use these components. The parking portal can work according to the desired duration of time, and with an angle of 90. | en_US |
| dc.description.abstract | Portal parkir merupakan alat yang memiliki fungsi sebagai palang otomatis yang biasanya digunakan di area parkir. Sistem palang parkir yang ada sekarang ini tidak lepas dengan sistem controller dan motor listrik sebagai penghasil energi listrik yang akan diubah menjadi energi mekanik. Namun, sistem palang parkir yang saat ini digunakan terkhusus di wilayah sumatera masih menggunakan sistem penggerak motor AC dan ada juga yang menggunakan sistem penggerak hidrolik. Sistem penggerak ini masih menggunakan daya listrik dari PLN. Harga komponen dan perawatan dari sistem penggerak ini juga diketahui cukup mahal. Pada rancangan ini akan dicoba merubah salah satu komponen pada palang parkir yaitu merubah sistem penggerak mekanik dari motor AC dan juga hidrolik menjadi motor DC. Perancangan alat ini dibuat untuk kendaraan sepeda motor. Metode yang digunakan adalah perancangan dengan perhitungan komponen yang dibutuhkan seperti: Motor listrik, gearbox, dan Sproket serta melakukan pembangunan produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan perhitungan komponen yang dibutuhkan oleh sistem mekanik portal parkir untuk melakukan kerja buka tutup yaitu dengan durasi 1,5 detik dan sudut buka tutup ialah 90º. Hasil Penelitian ini didapatkan komponen yang dibutuhkan oleh sistem mekanik boom gate ini untuk melakukan kerja buka tutup palang selama 1,5 detik yaitu: motor DC (24V, 250 W, 2750 rpm), gearbox type 40 rasio 1:60, dan sprocket 1 : 4,5 (10 gigi dan 45 gigi). Kesimpulan yang didapat adalah dengan menggunakan komponen-komponen tersebut. Portal parkir dapat bekerja sesuai dengan durasi waktu yang diinginkan, dan dengan sudut 90 º. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
| dc.subject | boom gate | en_US |
| dc.subject | controller | en_US |
| dc.subject | hydraulic | en_US |
| dc.subject | electrical energy | en_US |
| dc.subject | hidrolik | en_US |
| dc.subject | energi listrik | en_US |
| dc.title | Rancang Bangun Sistem Mekanik pada Portal Parkir Otomatis | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nim | NIM160401060 | |
| dc.description.pages | 88 Halaman | en_US |
| dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |