Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Sinar Wahana Tour & Travel
View/ Open
Date
2021Author
Halim, Wahyudin
Advisor(s)
Marpaung, Nicholas
Metadata
Show full item recordAbstract
Tourism is an important aspect of a country. At this time, the development of tourism has been growing rapidly, both in terms of service and technology. Along with the development of the world of tourism, a Travel Agency has emerged as a means of support in increasing the tourism industry. Travel Bureau plays an important role because it can provide a real service for tourists, namely travel packages.
Seeing that there is a potential market opportunity, making companies engaged in travel agencies increasingly aggressively running their business, one of which is Sinar Wahana Wisata Tour & Travel, so that we can see the increasingly tough competition that companies engaged in this business. The purpose of this research is to formulate the right promotional strategies or those that have been used by Sinar Wihana Wisata Tour & Travel in increasing sales volume.
This research is a descriptive research with a qualitative approach. Descriptive research is research with the aim of explaining a variable. Primary data collection techniques through observation and interviews. Retrieval of secondary data through documentation. The data analysis process was carried out by data reduction, data testing, and drawing conclusions.
The results of this study indicate that a marketing strategy is very important to be carried out by Sinar Wahana Tour & Travel in increasing sales volume as seen in the STP (Segmentation, Targeting, Positioning) marketing strategy and marketing mix, namely product strategy, price strategy, promotion strategy, and marketing strategy. place, people strategy, process strategy, and physical support strategy. The company has made quite good strategies, such as a diverse product strategy with different tourist destinations, a price strategy that is quite affordable compared to competitors, a promotion strategy that is quite aggressive and effective, and a place strategy that makes it easier for customers to get information, pay attention to employees and a good tour guide, coupled with doing good service and also providing a comfortable enough office to make customers feel comfortable and increase sales volume. Pariwisata adalah salah satu aspek yang penting bagi sebuah negara. Pada saat ini, perkembangan pariwisata sudah semakin pesat, baik dari segi pelayanan dan teknologinya. Seiring dengan berkembangnya dunia pariwisata, maka muncullah Biro Perjalanan Wisata sebagai sarana pendukung dalam meningkatkan industri pariwisata. Biro Perjalanan Wisata memegang peranan penting karena dapat memberikan suatu pelayanan yang nyata bagi wisatawan, yaitu paket perjalanan.
Melihat adanya peluang pasar yang cukup potensial, membuat perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang biro perjalanan wisata semakin gencar menjalankan usahanya, salah satunya adalah Sinar Wahana Wisata Tour & Travel, sehingga dapat kita lihat semakin kerasnya persaingan yang harus dihadapi oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bisnis ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi promosi yang tepat atau yang telah digunakan Sinar Wihana Wisata Tour & Travel dalam meningkatkan volume penjualan.
Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian dengan tujuan untuk menjelaskan suatu variabel.Teknik pengumpulan data primer melalui observasi dan wawancara. Pengambilan data sekunder melalui dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data,pengujian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran sangat penting untuk dilakukan oleh Sinar Wahana Tour & Travel dalam meningkatkan volume penjualan yang terlihat dalam strategi pemasaran STP (Segmentation, Targetting, Positioning) dan bauran pemasaran, yaitu strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan strategi tempat, startegi orang, strategi proses, dan strategi pendukung fisik. Perusahaan telah membuat strategi-strategi yang cukup baik, seperti strategi produk yang beragam dengan tujuan tempat wisata yang berbeda, strategi harga yang cukup terjangkau dibanding pesaing, strategi promosi yang cukup gencar dan efektif, dan strategi tempat memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi, memperhatikan karyawan dan tour guide dengan baik, ditambah dengan melakukan pelayanan yang baik dan juga menyediakan kantor yang cukup nyaman membuat pelanggan bisa merasa nyaman dan meningkatkan volume penjualan.
Collections
- Undergraduate Theses [1432]