Kontribusi External Public Relations Direktorat Jenderal Pajak Melalui Media Sosial terhadap Citra Organisasi dan Peningkatan Kesadaran Pajak
View/ Open
Date
2021Author
Amiliza, Tengku
Advisor(s)
Harahap, Hendra
Pohan, Syafruddin
Metadata
Show full item recordAbstract
The objective of the research is to evaluate whether social media of the Ditjen Pajak
(Directorate General of Tax) has contribution to the organizational image and the
increase in tax awareness and to analyze whether the contribution is different
between its heavy followers and light followers. The theory used is 4C theory in
using social media: context, communication, collaboration, and connection. The
population is the followers of facebook account and instagram and non-tax
employees of the Ditjen Pajak. The samples are 200, taken by using purposive
sampling, based on the result of observation, and accidental sampling technique.
The result of testing using the SPSS program with linear regression analysis and
Spearman Rho-Rank correlation test, shows that there is contribution of social
media at the Ditjen Pajak to the organizational image with a quite meaningful
correlation in the two variables and there is contribution of social media at the
Ditjen Pajak to tax awareness with insignificant but positive correlation in the two
variables. The result of Chow test indicates that there is a difference in the
contribution of social media at the Ditjen Pajak to its image between its heavy
followers and light followers, but there is no difference in the contribution of social
media at the Ditjen Pajak to tax awareness between its heavy followers and light
followers. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi apakah ada kontribusi media
sosial Direktorat Jenderal Pajak terhadap citra organisasi dan peningkatan
kesadaran pajak, selain juga untuk menganalisis apakah kontribusi tersebut berbeda
antara heavy followers dan light followers-nya. Teori yang mendasari adalah 4C
dalam penggunaan media sosial yang mencakup context, communication,
collaboration, dan connection. Populasi adalah followers akun Facebook dan
Instagram Direktorat Jenderal Pajak yang non-pegawai pajak, sedangkan sampel
penelitian sebanyak 200 yang ditetapkan secara purposive sampling berdasarkan
hasil pengamatan, dan dipenuhi secara accidental sampling. Hasil pengujian
menggunakan program SPSS dengan analisis regresi linier dan analisis korelasi
Spearman Rho-Rank, menunjukkan terdapat kontribusi media sosial Ditjen Pajak
terhadap citra organisasi dengan tingkat korelasi atau keterhubungan antara kedua
variabel yang cukup berarti; terdapat kontribusi media sosial Ditjen Pajak terhadap
kesadaran pajak dengan tingkat korelasi atau keterhubungan antara kedua variabel
yang lemah tetapi pasti. Hasil Uji Chow menunjukkan terdapat perbedaan
kontribusi media sosial Ditjen Pajak terhadap citra Ditjen Pajak antara heavy
followers dan light followers-nya; tidak terdapat perbedaan kontribusi media sosial
Ditjen Pajak terhadap kesadaran pajak antara heavy followers dan light followersnya.
Collections
- Undergraduate Theses [1789]