dc.contributor.advisor | Roesyanto | |
dc.contributor.advisor | Iskandar, Rudi | |
dc.contributor.author | Sagala, Ardi I. P. | |
dc.date.accessioned | 2022-02-15T03:08:00Z | |
dc.date.available | 2022-02-15T03:08:00Z | |
dc.date.issued | 2021 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/47694 | |
dc.description.abstract | The construction of transportation facilities on soft soil will cause problems
where the bearing capacity of soft soil is low and the process of land subsidence will
require a long period of time. As is known, the land subsidence factor causes many
problems in the process of building transportation facilities, besides that there will also
be problems at the level of service (serviceability). Therefore, this problem must be
anticipated before the transportation facility begins to function. There are many
methods that can be used to improve soft soil. One method that can be done is by
embankment combined with vertical drain and horizontal drain.
The purpose of writing this Thesis is to analyze the settlement reduction of each
layer of soft soil that is repaired using the embankment method combined with
prefabricated vertical drain and prefabricated horizontal drain using The PLAXIS 3D
program. The results of this calculation will then be compared with observations made
in the field using a settlement plate for later analysis.
Calculation of the consolidation settlement using 1 dimensional consolidation
Terzaghi method obtained a decrease of 16,1 cm. This results is relatively closed to the
result of observations made in the field using settlement plate of 16,3 cm. In the
program PLAXIS 3D modeling approached using 1 line PVD and 1 line PHD, the result
of decrease is of 16,5 cm without calculating the effect of smearzone and 16,22 cm if
calculating with effect of smearzone. In the program PLAXIS 3D modeling approached
using 2 lines PVD and 2 lines PHD, the result of decreased of 16,54 cm without
calculating the effect of smearzone and 16,28 cm if calculating with effect of
smearzone. And when modeling without using PHD the value of the decrease obtained
is 9,7 cm. When modeling using sand blanket as a substitute for PHD the decrease
value is 13,3 cm.
The results of this study indicate that the model used is close to the settlement
results in the field monitored using a settlement plate. And the use of PHD in the
PLAXIS 3D modeling experiment works well as horizontal drains instead of sand
blanket. | en_US |
dc.description.abstract | Pembangunan sarana transportasi di atas tanah lunak akan menimbulkan
permasalahan di mana daya dukung tanah lunak yang rendah serta proses penurunan
tanah akan memerlukan jangka waktu yang panjang. Seperti diketahui faktor
penurunan tanah menimbulkan banyak permasalahan pada proses pembangunan sarana
transportasi, di samping itu juga akan timbul permasalahan pada tingkat pelayanannya
(serviceability). Oleh karena itu permasalahan ini harus diantisipasi sebelum sarana
transportasi tersebut mulai difungsikan. Terdapat banyak metode yang dapat dilakukan
untuk memperbaiki tanah lunak. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah
dengan penimbunan tanah yang dikombinasikan dengan vertikal drain dan horizontal
drain.
Tujuan penulisan Tesis ini adalah untuk menganalisis besar penurunan
settlement tiap lapisan tanah lunak yang diperbaiki dengan menggunakan metode
penimbunan tanah yang dikombinasikan dengan prefabricated vertical drain dan
prefabricated horizontal drain dengan menggunakan program PLAXIS 3D. Hasil
perhitungan ini kemudian akan dibandingkan dengan pengamatan yang dilakukan di
lapangan menggunakan settlement plate untuk kemudian dianalisa.
Perhitungan besar penurunan konsolidasi menggunakan metode Terzaghi 1
dimensi konsolidasi diperoleh penurunan sebesar 16,1 cm. Hasil ini relatif dekat
dengan hasil pengamatan yang dilakukan di lapangan sebesar 16,3 cm. Pada
pendekatan pemodelan PLAXIS 3D menggunakan 1 baris PVD dan 1 baris PHD
diperoleh hasil penurunan sebesar 16,5 cm tanpa memperhitungkan efek smear zone
dan 16,2 cm dengan memperhatikan efek smear zone. Pada pendekatan pemodelan
PLAXIS 3D menggunakan 2 baris PVD dan 2 baris PHD diperoleh hasil penurunan
sebesar 16,5 cm tanpa memperhitungkan efek smear zone dan 16,3 cm dengan
memperhatikan efek smear zone. Dan ketika dilakukan pemodelan tanpa menggunakan
PHD nilai penurunan yang diperoleh sebesar 9,7 cm. Ketika dilakukan permodelan
menggunakan sand blanket sebagai pengganti PHD diperoleh nilai penurunan sebesar
13,3 cm.
Hasil penelitian ini menunjukkan permodelan yang digunakan mendekati hasil
penurunan di lapangan yang dipantau menggunakan settlement plate. Dan penggunaan
PHD dalam percobaan pemodelan PLAXIS 3D berfungsi baik sebagai horizontal
drains pengganti sand blanket. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Prefabricated Vertical Drain | en_US |
dc.subject | Prefabricated Horizontal Drain | en_US |
dc.subject | PLAXIS 3D | en_US |
dc.subject | Konsolidasi | en_US |
dc.title | Analisis Penurunan Tanah pada Penimbunan Tanah yang Dikombinasikan PVD dan PHD dengan Metode Analitis dan Numerik Menggunakan Plaxis 3D pada STA 103 + 550 Pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi Kisaran Tahap 1 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM197016015 | |
dc.description.pages | 101 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |