Peran Pemuda dalam Pemasaran Pariwisata Air Terjun Ponot untuk Pengembangan Wilayah di Kabupaten Asahan
View/ Open
Date
2020Author
Anazmi, Feby
Advisor(s)
Revida, Erika
Purwoko, Agus
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran pemuda di Kabupaten Asahan dalam memasarkan Pariwisata Air Terjun Ponot. Penelitian ini berfokus pada peran yang telah dilakukan oleh para pemuda yang ada di Kabupaten Asahan dalam memasarkan Pariwisata Air Terjun Ponot agar menjadi wisata unggulan di Kabupaten Asahan.
Kabupaten Asahan termasuk salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera dengan objek wisatanya yang terkenal. Salah satunya daerah wisata alam Air Terjun Ponot yang terletak dikecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan. Perkembangan Kawasan Pariwisata Air terjun Ponot tidak terlepas dari peran pemuda Kabupaten Asahan yang secara konsisten dan inovatif memasarkan kawasan Pariwisata Air Terjun Ponot menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Asahan ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengambil data primer melalui informan dan data sekunder dari instansi terkait, yaitu Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Asahan, KNPI Asahan, Kantor Pemuda dan Olahraga dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Asahan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran pemuda Kabupaten Asahan dalam memasarkan pariwisata Air Terjun Ponot untuk pengembangan wilayah adalah dengan pemuda berperan sebagai kontrol sosial, kekuatan moral dan agen perubahan yang mana peran tersebut di pengaruhi oleh faktor eksternal dan internal.