• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Orang Tua Terhadap Anak Sekolah Dasar dalam Sistem Sekolah Daring pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Jalan Setia Luhur, Medan Helvetia)

    View/Open
    Fulltext (2.403Mb)
    Date
    2022
    Author
    S, Nabilah Kaltsum
    Advisor(s)
    Savitri, Nita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Skripsi ini berjudul Peran Orang Tua Terhadap Anak Sekolah Dasar Dalam Sistem Sekolah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Jalan Setia Luhur, Medan Helvetia) yang menjelaskan tentang bagaimana pentingnya peran orang tua dalam mendampingi anak sekolah dasar dalam sistem sekolah daring di masa pandemi.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan terkait proses pembelajaran daring anak sekolah dasar, peran orang tua dalam mendampingi anak sekolah dasar, serta pengaruh peran orang tua terhadap motivasi atau semangat belajar anak dalam sistem sekolah daring di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik yang digunakan unutk memperoleh data dalam penelitian ini adalah teknik observasi (pengamatan) yang dilakukan langsung di tempat penelitian dan teknik wawancara yang dilakukan secara mendalam antara peneliti dan informan agar mendapatkan data yang akurat juga menggunakan teknik pengumpulan data lainnya yang mendukung dalam mendapatkan informasi yaitu dengan teknik dokumentasi menggunakan kamera dan alat perekam suara, juga menggunakan studi literatur. Penelitian ini juga dijalankan terhadap 8 varian karakteristik keluarga yang ada di jalan setia luhur dan masing-masing dijadikan sebagai informan. Adapun hasil penelitian ini adalah peran “orang tua” terhadap anak sekolah dasar selama sekolah daring sangatlah penting dan beragam cara dalam mendampingi anak ketika belajar. Orang tua adalah orang yang dituakan yang mendampingi anak selama sekolah daring. Anak yang didampingi oleh orang tua merasa percaya diri akan kemampuan yang ada dalam dirinya dan termotivasi untuk sukses karena anak merasa orang tua mendukungnya. Anak yang didampingi oleh orang tua merasa lebih aman, bersemangat, dan lebih mendengarkan wejangan yang dikatakan oleh orang tua sehingga anak dapat diarahkan ke yang lebih baik.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/48090
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV