Peran Orang Tua Terhadap Anak Sekolah Dasar dalam Sistem Sekolah Daring pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Jalan Setia Luhur, Medan Helvetia)
View/ Open
Date
2022Author
S, Nabilah Kaltsum
Advisor(s)
Savitri, Nita
Metadata
Show full item recordAbstract
Skripsi ini berjudul Peran Orang Tua Terhadap Anak Sekolah Dasar Dalam Sistem Sekolah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Jalan Setia Luhur, Medan Helvetia) yang menjelaskan tentang bagaimana pentingnya peran orang tua dalam mendampingi anak sekolah dasar dalam sistem sekolah daring di masa pandemi.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan terkait proses pembelajaran daring anak sekolah dasar, peran orang tua dalam mendampingi anak sekolah dasar, serta pengaruh peran orang tua terhadap motivasi atau semangat belajar anak dalam sistem sekolah daring di masa pandemi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik yang digunakan unutk memperoleh data dalam penelitian ini adalah teknik observasi (pengamatan) yang dilakukan langsung di tempat penelitian dan teknik wawancara yang dilakukan secara mendalam antara peneliti dan informan agar mendapatkan data yang akurat juga menggunakan teknik pengumpulan data lainnya yang mendukung dalam mendapatkan informasi yaitu dengan teknik dokumentasi menggunakan kamera dan alat perekam suara, juga menggunakan studi literatur. Penelitian ini juga dijalankan terhadap 8 varian karakteristik keluarga yang ada di jalan setia luhur dan masing-masing dijadikan sebagai informan.
Adapun hasil penelitian ini adalah peran “orang tua” terhadap anak sekolah dasar selama sekolah daring sangatlah penting dan beragam cara dalam mendampingi anak ketika belajar. Orang tua adalah orang yang dituakan yang mendampingi anak selama sekolah daring. Anak yang didampingi oleh orang tua merasa percaya diri akan kemampuan yang ada dalam dirinya dan termotivasi untuk sukses karena anak merasa orang tua mendukungnya. Anak yang didampingi oleh orang tua merasa lebih aman, bersemangat, dan lebih mendengarkan wejangan yang dikatakan oleh orang tua sehingga anak dapat diarahkan ke yang lebih baik.
Collections
- Undergraduate Theses [939]