Show simple item record

dc.contributor.advisorSavitri, Nita
dc.contributor.authorS, Nabilah Kaltsum
dc.date.accessioned2022-03-23T03:42:39Z
dc.date.available2022-03-23T03:42:39Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/48090
dc.description.abstractSkripsi ini berjudul Peran Orang Tua Terhadap Anak Sekolah Dasar Dalam Sistem Sekolah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Jalan Setia Luhur, Medan Helvetia) yang menjelaskan tentang bagaimana pentingnya peran orang tua dalam mendampingi anak sekolah dasar dalam sistem sekolah daring di masa pandemi.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan terkait proses pembelajaran daring anak sekolah dasar, peran orang tua dalam mendampingi anak sekolah dasar, serta pengaruh peran orang tua terhadap motivasi atau semangat belajar anak dalam sistem sekolah daring di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik yang digunakan unutk memperoleh data dalam penelitian ini adalah teknik observasi (pengamatan) yang dilakukan langsung di tempat penelitian dan teknik wawancara yang dilakukan secara mendalam antara peneliti dan informan agar mendapatkan data yang akurat juga menggunakan teknik pengumpulan data lainnya yang mendukung dalam mendapatkan informasi yaitu dengan teknik dokumentasi menggunakan kamera dan alat perekam suara, juga menggunakan studi literatur. Penelitian ini juga dijalankan terhadap 8 varian karakteristik keluarga yang ada di jalan setia luhur dan masing-masing dijadikan sebagai informan. Adapun hasil penelitian ini adalah peran “orang tua” terhadap anak sekolah dasar selama sekolah daring sangatlah penting dan beragam cara dalam mendampingi anak ketika belajar. Orang tua adalah orang yang dituakan yang mendampingi anak selama sekolah daring. Anak yang didampingi oleh orang tua merasa percaya diri akan kemampuan yang ada dalam dirinya dan termotivasi untuk sukses karena anak merasa orang tua mendukungnya. Anak yang didampingi oleh orang tua merasa lebih aman, bersemangat, dan lebih mendengarkan wejangan yang dikatakan oleh orang tua sehingga anak dapat diarahkan ke yang lebih baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPeran Orang Tuaen_US
dc.subjectSekolah Daringen_US
dc.subjectCovid 19en_US
dc.titlePeran Orang Tua Terhadap Anak Sekolah Dasar dalam Sistem Sekolah Daring pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Jalan Setia Luhur, Medan Helvetia)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM170905048
dc.description.pages140 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record