dc.contributor.advisor | Zulkarnain, Iskandar | |
dc.contributor.advisor | Wijaya, Haris | |
dc.contributor.author | Silalahi, Firman Frans Samuelson | |
dc.date.accessioned | 2022-03-29T06:56:33Z | |
dc.date.available | 2022-03-29T06:56:33Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/48200 | |
dc.description.abstract | This study aims to figure out how the process of identity construction
through the photographers photography artworks uploaded on their social
media accounts in the city of Medan, North Sumatera Indonesia and to
find out the role of social media for photographers to do the identity
construction themselves. The research method used is descriptive
qualitative method. Theoretical framework of this study were the theory of
interactionism of George H. Mead and Self-Identity Theory. The data
collection technique were in-depth interview and observation. Data
analysis technique used is open coding, selective coding, and axial coding.
Triangulation is done in triangulation of data sources. This study took
place in April-July 2016. In this study infroman berjumblah three
photographers Medan. The results showed that (1) the all three of the
informants has their own distinction of identity seen through their work.
Informant 1 is known as a landscape photographer, informant 2 is known
as a fashion photographer, and the third informant is known as a
photographer who mastered many fields of photography. (2) The role of
social media such Facebook for all three informants have much in
common; as a medium for displaying their works, to communicate with
many people through the world of photography, fostering good relations
among fellow photographers and clients, and to market themselves as a
photographer | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses konstruksi
identitas diri fotografer melalui hasil karya fotografi yang diunggah pada
akun media sosial mereka di Wilayah Kota Medan dan untuk mengetahui
peran media sosial bagi fotografer dalam melakukan konstruksi diri.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Penelitian menggunakan Teori Interaksionisme dari
George H. Mead dan Identitas Diri. Teknik pengumpulan data adalah
wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
open coding, selective coding, axial coding. Triangulasi yang dilakukan
adalah triangulasi sumber data. Penelitian ini berlangsung pada bulan
April – Juli 2016. Adapun infroman penelitian ini berjumblah tiga orang
fotografer kota Medan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ketiga
informan memiliki perbedaan identitas diri dilihat melalui hasil karya
mereka. Informan 1 dikenal sebagai seorang fotografer landscape,
Informan 2 dikenal sebagai fotografer model atau fashion, dan Informan 3
diketahui sebagai fotografer yang menguasai banyak bidang fotografi. (2)
Peran media sosial facebook bagi ketiga informan memiliki banyak
kesamaan; sebagai wadah untuk menampilkan hasil karya, untuk
berkomunikasi dengan banyak orang melalui dunia fotografi, membina
hubungan baik antara sesama fotografer maupun klien, serta memasarkan
diri mereka sendiri sebagai fotografer. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Konstruksi Identias Diri | en_US |
dc.subject | Fotografer | en_US |
dc.subject | Media Sosial | en_US |
dc.subject | Interaksionisme Simbolik | en_US |
dc.title | Konstruksi Identitas diri Fotografer dalam Hasil Karya Fotonya di Media Sosial Facebook | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM147045008 | |
dc.description.pages | 142 halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |