Pembelajaran Anak Autis (Studi Etnografi pada Anak Autis dalam Proses Belajar di Sekolah Luar Biasa Taman Pendidikan Islam di Kota Medan)
View/ Open
Date
2018Author
Silalahi, Lady Esra
Advisor(s)
Savitri, Nita
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah membahas tentang bagaimana komunikasi pembelajaran nonverbal anak autis dalam proses belajar dan apa maknadari komunikasi pembelajaran nonverbal yang ditimbulkan oleh anak autis dalam proses belajar tersebut. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa Taman Pendidikan Islam di Kota Medan. Adapun objek penelitian ini adalah anak autis yang ditentukan berdasarkan ketidakmampuan dalam berkomunikasi dan umur.
Metode penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan teknik observasi dan wawancara serta analisis data. Observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipasi dan observasi berperan serta, hal tersebut terjadi karena peneliti langsung berinteraksi dengan anak-anak autis tersebut. Dalam penelitian ini peneliti melakukan wawancara mendalam kepada 6 informan yang berperan serta dalam proses belajar mengajar di SLB tersebut. Setelah melakukan penelitian maka seluruh data dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku komunikasi nonverbal anak autis sangat beragam dan sangat berbeda dengan perilaku komunikasi nonverbal anak-anak pada umumnya, serta makna dari perilaku tersebut terkadang ada juga yang kurang dapat dipahami oleh guru yang bersangkutan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pendekatan serta Perhatian terhadap anak autis sangatlah membantu seorang guru dalam memahami makna dari perilaku anak tersebut sehingga dapat tercapai target belajar dalam suatu proses sistem pembelajaran di kelas.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa benar setiap anak autis memiliki perilaku komunikasi nonverbal yang berbeda-bedadan mempunyai keunikan yang berbeda-beda.
Collections
- Undergraduate Theses [939]