Show simple item record

dc.contributor.advisorSavitri, Nita
dc.contributor.authorSilalahi, Lady Esra
dc.date.accessioned2018-07-27T02:00:04Z
dc.date.available2018-07-27T02:00:04Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/4831
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah membahas tentang bagaimana komunikasi pembelajaran nonverbal anak autis dalam proses belajar dan apa maknadari komunikasi pembelajaran nonverbal yang ditimbulkan oleh anak autis dalam proses belajar tersebut. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa Taman Pendidikan Islam di Kota Medan. Adapun objek penelitian ini adalah anak autis yang ditentukan berdasarkan ketidakmampuan dalam berkomunikasi dan umur. Metode penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan teknik observasi dan wawancara serta analisis data. Observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipasi dan observasi berperan serta, hal tersebut terjadi karena peneliti langsung berinteraksi dengan anak-anak autis tersebut. Dalam penelitian ini peneliti melakukan wawancara mendalam kepada 6 informan yang berperan serta dalam proses belajar mengajar di SLB tersebut. Setelah melakukan penelitian maka seluruh data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku komunikasi nonverbal anak autis sangat beragam dan sangat berbeda dengan perilaku komunikasi nonverbal anak-anak pada umumnya, serta makna dari perilaku tersebut terkadang ada juga yang kurang dapat dipahami oleh guru yang bersangkutan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pendekatan serta Perhatian terhadap anak autis sangatlah membantu seorang guru dalam memahami makna dari perilaku anak tersebut sehingga dapat tercapai target belajar dalam suatu proses sistem pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian bahwa benar setiap anak autis memiliki perilaku komunikasi nonverbal yang berbeda-bedadan mempunyai keunikan yang berbeda-beda.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectAutisen_US
dc.subjectKomunikasien_US
dc.subjectPerilakuen_US
dc.subjectNonverbalen_US
dc.subjectSekolahen_US
dc.titlePembelajaran Anak Autis (Studi Etnografi pada Anak Autis dalam Proses Belajar di Sekolah Luar Biasa Taman Pendidikan Islam di Kota Medan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM130905066en_US
dc.identifier.submitterNurhusnah Siregar
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record