Pengaruh Nilai Pelanggan dan E-Service Quality terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Melalui PLN Mobile Pada Pelanggan Listrik Rayon PT.PLN (persero) Unit Layanan Pelanggan Medan Baru
View/ Open
Date
2022Author
Nasution, Muhammad Yusuf
Advisor(s)
Siregar, Onan Marakali
Metadata
Show full item recordAbstract
Technological developments in the internet sector make companies have to
create online-based services in order to improve service quality and consumer
interest in making purchasing decisions. In the decision to purchase electrical
service products in the PLN Mobile application at the Medan Baru Customer
Service Unit, the realization which is less than optimal is also evidenced by the
low desire of the public to use mobile PLN as a medium for purchasing PLN
services.
This research is intended to analyze the influence of customer value and eservice
quality on purchasing decisions of service products through PLN Mobile
on electricity customers of Medan Baru rayon.
The form of research used in this research is quantitative research with an
associative approach. Sampling was done through probability sampling technique
and used 78 respondents as samples. The primary data used in this study was
obtained by distributing questionnaires directly to customers and through google
forms, while the secondary data was obtained through library research. The data
analysis method used is validity test, reliability test, classical assumption test,
multiple linear regression analysis, and hypothesis testing.
The results of the research conducted indicate that the customer value
variable (X1) has a significant effect on purchasing decisions. The variable eservice
quality (X2) also affects consumer purchasing decisions. The variable
customer value and e-service quality on purchasing decisions have a
simultaneous effect on the dependent variable, namely Purchase Decision (Y). The
coefficient of determination test shows that the relationship between Customer
Value and E-Service on Purchase Decisions is very close if the R value is close to
1, the better the model will be. The value of the coefficient of determination above
shows that the variable Customer Value and E-Service Quality can explain the
Purchasing Decision variable of 91.4% while the remaining 8.6% is influenced by
other variables not explained in this study. Perkembangan teknologi dibidang internet membuat perusahaan harus
menciptakan pelayanan yang berbasis online dengan guna meningkatkan kualitas
pelayanan dan minat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Dalam
Keputusan pembelian produk jasa listrik di aplikasi PLN Mobile di Unit Layanan
Pelanggan Medan Baru dalam realisasinya yang kurang maksimal juga dibuktikan
dengan rendahnya keinginan masyarakat dalam penggunaan PLN mobile sebagai
media pembelian jasa PLN.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh nilai
pelanggan dan e-service quality terhadap keputusan pembelian produk jasa
melalui PLN Mobile pada pelanggan listrik rayon Medan Baru.
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian
kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Pengambilan sampel dilakukan melalui
teknik probability sampling dan menggunakan 78 responden sebagai sampel. Data
primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan
kuesioner langsung kepada pelanggan dan melalui google form sedangkan data
sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Metode analisis data yang
digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi
linier berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel nilai
pelanggan (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk
variabel e-service quality (X2) juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian
konsumen. Untuk variabel nilai pelanggan dan e-service quality terhadap
keputusan pembelian berpengaruh simultan terhadap variabel terikat yaitu
Keputusan Pembelian (Y). Uji koefisien determinasi menunjukan hubungan
antara nilai pelanggan dan e-service quality terhadap keputusan pembelian sangat
erat jika nilai R mendekati angka 1 maka akan semakin baik pula modelnya. Nilai
koefisien determinasi di atas menunjukan bahwa variabel nilai pelanggan dan eservice
quality dapat menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 91,4 %
sedangkan sisanya sebesar 8,6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dijelaskan dalam penelitian ini.
Collections
- Undergraduate Theses [1432]