Analisis Strategi Pemasaran PT Ilmu Inspirasi Indonesia Dalam Memperluas Pasar di Indonesia
View/ Open
Date
2021Author
Sihotang, Pilihan
Advisor(s)
Mardhiyah, Ainun
Metadata
Show full item recordAbstract
Business development is currently growing rapidly so that it encourages
companies to always innovate and be guided to continue to develop in running a
company, both in marketing products or retaining customers. the conditions of
intense business competition and a picture of uncertainty in the future force the
campany to be able to plen, formulate and determine appropriate and flexible
strategies. In order for campany goals to be achieved, all organizational resourses
must be directed to focus on strategy. Whit the development of hospitality industry,
then there is competition between campany companies to improve their quality in
antracting company guest and building a positive image. The pourpose of this
research is to know how marketing communication strategies in increasing the
namber of visitors at pt .inspirasi ilmu Indonesia.
This study used discriptyve qualitative method. The data collection process
carried out through observation, in-depth interviesws and documentation. Tehis study
uses a SWOT analysis to take adventage of opportunities and maximize strengths,
reduce weaknesses and avoid threats.
The results showed that the marketing communication strategy applied by pt.
inspirasi ilmu Indonesia is integrated marketing communication (IMC) which
includes all activities such as advertising, sponsorship, public relations & publicity,
sales promotion, direct marketing, personal selling, word of mouth, in addition, the
marketing communication strategy applied by pt ilmu inspirasi Indonesia is in the
from of a 4p marketing mix, namely product, price, place, and promotion.
The integrated marketing communication (IMC) strategy and the 4p
marketing mix have had an impact in increasing the number of visitiors to pt. ilmu
inspirasi Indonesia. But it will be even better if pt. ilmu inspirasi Indonesia continius
to improve the strategies from the SWOT results that have been analyzed. Perkembangan bisnis saat ini semakin pesat sehingga mendorong perusahaan
agar selalu berinovasi dan di tuntun terus berkembang dalam menjalankan sebuah
perusaan, baik dalam memasarkan produk ataupun mempertahankan pelanggan.
Kondisi persaingan bisnis yang ketat dan gambaran ketidak pastian di masa depan
memaksa perusahaan untuk bisa melakukan perencanaan, perumusan dan penetapan
strategi yang tepat dan fleksibel. Agar tujuan perusahaan dapat tercapai, segenap
sumber daya organisasi harus di arahkan untuk fokus terhadap strategi. Dengan
berkembangnya perusahaan lembaga konsultasi dan pendidikan, maka timbul
persaingan antar perusahaan lembaga konsultasi dan pendidikan untuk meningkatkan
kualitasnya dalam menarik konsumen dan memprtahankan pelanggan dan
membangun citra positif. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana
strategi pemasaran dalam memperluas pasar di kota medan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian
ini menggunakan analisis SWOT untuk memanfaatkan peluang dan memaksimalkan
kekuatan, mengurangi kelemahan serta menghindari ancaman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan PT.
Ilmu Inspirasi Indonesia dalam memperluas pasar di kota medan berupa Integrated
Marketing Communication (IMC) yang meliputi seluruh kegiatan seperti periklanan
(advertising), sponshorship, public relation & publicity, sales promotion, direct
marketing, personal selling, word of mouth. Selain itu strategi Komunikasi
Pemasaran yang diterapkan PT. Ilmu Inspirasi Indonesia berupa bauran pemasaran 4P
yaitu product, price, place, dan promotion. Strategi Integrated Marketing
Communication (IMC) dan Bauran pemasaran 4P tersebut sudah berdampak dalam
memperlaus pasar di kota medan, Namun akan lebih baik lagi jika PT. ilmu inspirasi
Indonesia terus meningkatkan strategi-strategi dari hasil SWOT yang telah dianalisis.
Collections
- Undergraduate Theses [1432]