Penerapan Digital Inbound Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu da1am Mempertahankan Loyalitas Pelanggan di Masa Panderni Covid-19 Pada Rwnah Sehat Walet Puti Medan
View/ Open
Date
2022Author
Triani, Maulia Rahmah
Advisor(s)
Siregar, Onan Marakali
Metadata
Show full item recordAbstract
The main goal in doing business is to create and maintain the loyalty of its
customers. This case shows the traditional medical service business actors,
namely Rumah Sehat Walet Puti Medan. Tighter competition, changes in
technological developments, and the entry of the Covid-19 pandemic have
required Rumah Sehat Walet Puti Medan to update the marketing strategy used.
The purpose of the research is to describe the application of digital
inbound as a marketing communication strategy in maintaining customer loyalty
during the Covid-19 Pandemic at Rumah Sehat Walet Puti Medan. This research
will also see whether the strategy adopted by Rumah Sehat Walet Puti in Medan is
the right one.
The form of research is descriptive research with a qualitative approach.
Research data were obtained from interviews and documentation. The theory used
to support the digital inbound marketing method is an integrated communication
marketing strategy using the mixing elements of marketing.
The result shows the application of digital inbound marketing methods as
an integrated marketing communication strategy in maintaining customer loyalty
during the Covid-19 pandemic. Rumah Sehat Walet Puti attracts elements
(attracting attention) by giving discounts to customers who review on Instagram.
No fees are charged for the customer consults. At the stage of the engaging
element, hold a live chat via Instagram and communicate intensively through
Whatsapp, Facebook Messenger, and Instagram direct messages. The last stage is
the element of delight (Giving Experience) by providing customer testimonials on
the treatment of Rumah Sehat Walet Puti Medan through Instagram, Facebook,
and Blogs. Tujuan utama dalam melakukan usaha bisnis adalah menciptakan dan
mempertahankan loyalitas para pelanggannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh
salah satu pelaku usaha jasa pengobatan tradisional yaitu Rumah Sehat Walet Puti
Medan. Persaingan yang semakin ketat, perubahan perkembangan teknologi dan
masuknya pandemi Covid-19 mengharuskan Rumah Sehat Walet Puti Medan
melakukan pembaharuan terhadap strategi pemasaran yang digunakan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mendeskripsikan penerapan
digital inbound sebagai strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan
loyalitas pelanggan di masa Pandemi Covid-19 pada Rumah Sehat Walet Puti
Medan. Penelitian ini juga akan melihat apakah strategi yang dilakukan Rumah
Sehat Walet Puti Medan sudah benar-benar tepat.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Data penelitian diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Teori yang
digunakan dalam mendukung metode digital inbound marketing adalah strategi
pemasaran komunikasi terpadu dengan menggunakan eleman bauran pemasaran
(marketing mix).
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode
digital inbound marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran terpadu dalam
mempertahankan loyalitas pelanggan di masa pandemi Covid-19 pada Rumah
Sehat Walet Putih melalui elemen attract (menarik perhatian) dengan memberikan
diskon kepada pelanggan yang membuat review di Instagram dan juga tidak
dikenakannya biaya saat pelanggan berkonsultasi. Pada tahapan elemen engage
(menjalin ikatan) mengadakan live melalui Instagram dan melakukan komunikasi
secara intensif melalui Whatsapp, Facebook Messenger dan juga direct message
Instagram. Tahapan yang terakhir yaitu elemen delight (Memberikan Pengalaman)
dengan memberikan testimoni pelanggan terhadap pengobatan Rumah Sehat
Walet Puti Medan melalui Instagram, Facebook dan juga Blog.
Collections
- Undergraduate Theses [1432]