Show simple item record

dc.contributor.advisorSiregar, Onan Marakali
dc.contributor.authorTriani, Maulia Rahmah
dc.date.accessioned2022-05-20T03:57:11Z
dc.date.available2022-05-20T03:57:11Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/48550
dc.description.abstractThe main goal in doing business is to create and maintain the loyalty of its customers. This case shows the traditional medical service business actors, namely Rumah Sehat Walet Puti Medan. Tighter competition, changes in technological developments, and the entry of the Covid-19 pandemic have required Rumah Sehat Walet Puti Medan to update the marketing strategy used. The purpose of the research is to describe the application of digital inbound as a marketing communication strategy in maintaining customer loyalty during the Covid-19 Pandemic at Rumah Sehat Walet Puti Medan. This research will also see whether the strategy adopted by Rumah Sehat Walet Puti in Medan is the right one. The form of research is descriptive research with a qualitative approach. Research data were obtained from interviews and documentation. The theory used to support the digital inbound marketing method is an integrated communication marketing strategy using the mixing elements of marketing. The result shows the application of digital inbound marketing methods as an integrated marketing communication strategy in maintaining customer loyalty during the Covid-19 pandemic. Rumah Sehat Walet Puti attracts elements (attracting attention) by giving discounts to customers who review on Instagram. No fees are charged for the customer consults. At the stage of the engaging element, hold a live chat via Instagram and communicate intensively through Whatsapp, Facebook Messenger, and Instagram direct messages. The last stage is the element of delight (Giving Experience) by providing customer testimonials on the treatment of Rumah Sehat Walet Puti Medan through Instagram, Facebook, and Blogs.en_US
dc.description.abstractTujuan utama dalam melakukan usaha bisnis adalah menciptakan dan mempertahankan loyalitas para pelanggannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu pelaku usaha jasa pengobatan tradisional yaitu Rumah Sehat Walet Puti Medan. Persaingan yang semakin ketat, perubahan perkembangan teknologi dan masuknya pandemi Covid-19 mengharuskan Rumah Sehat Walet Puti Medan melakukan pembaharuan terhadap strategi pemasaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mendeskripsikan penerapan digital inbound sebagai strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di masa Pandemi Covid-19 pada Rumah Sehat Walet Puti Medan. Penelitian ini juga akan melihat apakah strategi yang dilakukan Rumah Sehat Walet Puti Medan sudah benar-benar tepat. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam mendukung metode digital inbound marketing adalah strategi pemasaran komunikasi terpadu dengan menggunakan eleman bauran pemasaran (marketing mix). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode digital inbound marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran terpadu dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di masa pandemi Covid-19 pada Rumah Sehat Walet Putih melalui elemen attract (menarik perhatian) dengan memberikan diskon kepada pelanggan yang membuat review di Instagram dan juga tidak dikenakannya biaya saat pelanggan berkonsultasi. Pada tahapan elemen engage (menjalin ikatan) mengadakan live melalui Instagram dan melakukan komunikasi secara intensif melalui Whatsapp, Facebook Messenger dan juga direct message Instagram. Tahapan yang terakhir yaitu elemen delight (Memberikan Pengalaman) dengan memberikan testimoni pelanggan terhadap pengobatan Rumah Sehat Walet Puti Medan melalui Instagram, Facebook dan juga Blog.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectDigital Inbound Marketingen_US
dc.subjectStrategi Komunikasi Pemasaran Terpaduen_US
dc.subjectLoyalitasen_US
dc.titlePenerapan Digital Inbound Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu da1am Mempertahankan Loyalitas Pelanggan di Masa Panderni Covid-19 Pada Rwnah Sehat Walet Puti Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM180907107
dc.description.pages131 halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record