Pengaruh Cashback dan Gratis Ongkir, Kepuasan Konsumen, dan Keragaman Produk terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Pengguna Aplikasi Marketplace (Studi pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara Pengguna Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak)
View/ Open
Date
2022Author
Walga, Rikka Pratiwi
Advisor(s)
Siregar, Onan Marakali
Metadata
Show full item recordAbstract
The sophistication of informatics and technology brings various
innovations in various fields. The innovation from the sophistication makes a big
impact in business. From the innovation, it means a new platform called
marketplace. In the marketplace, people can buy and sell activities effectively and
flexibly in many product diversity. To attract their target and to build consumer
satisfaction, most of the marketplace give Cashback and Free shipping to the
consumer in their transaction.
This study aims to analyze the effect of Cashback and free shipping on
repurchase intention, analyze the effect of customer satisfaction on repurchase
interest, and analyze how product diversity influences repurchase interest in
students application users Marketplace at the University of North Sumatra.
The research uses a comparative quantitative. The population in this study
were students who used the Shopee, Tokopedia, Bukalapak applications at USU,
with a total sample of 99 respondents, and the sampling technique used purposive
sampling. The collection technique used is primary data and secondary data. The
data analysis methods used in this study are validity and reliability tests, classical
assumption tests, multiple linear analysis, partial tests, simultaneous tests, and
tests of determination obtained by using SPSS software application tools.
The result of this research show partially in every independent variable
for the re-purchase interest in marketplace are difference. Meanwhile, in
simultaneous testing, the cashback and free shipping variables, consumer
satisfaction, and product diversity simultaneously influence the repurchase
interest in the marketplace. In the determination test, it is known that the value of
the adjusted R square on the cashback and free shipping variables, consumer
satisfaction, and product diversity on repurchase interest in the shopee
marketplace is 63.7%, while the adjusted R square value on Tokopedia is 59.9%,
and the amount the adjusted R square value in the Bukalapak application is
27.7% Kecanggihan informatika dan teknologi membawa berbagai inovasi di
berbagai bidang. Inovasi dari kecanggihan membuat dampak besar dalam bisnis.
Dari inovasi tersebut lahirlah sebuah platform baru bernama marketplace. Di
pasar, orang dapat melakukan aktivitas jual beli secara efektif dan fleksibel dalam
berbagai keragaman produk. Untuk menarik target dan membangun kepuasan
konsumen, sebagian besar marketplace memberikan Cashback dan gratis ongkos
kirim kepada konsumen dalam bertransaksi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Cashback dan gratis
ongkir terhadap minat beli ulang, menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan
terhadap minat beli ulang, dan menganalisis bagaimana pengaruh keragaman
produk terhadap minat beli ulang pada mahasiswa pengguna aplikasi marketplace
di Universitas Sumatera Utara.
Penelitian menggunakan pendekatan komparatif kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna aplikasi Shopee, Tokopedia,
Bukalapak di USU, dengan jumlah sampel 99 responden, dan teknik sampling
menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan yang digunakan
yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis
linier berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji determinasi yang didapatkan
dengan menggunakan aplikasi software SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial pada setiap variabel bebas
untuk minat beli ulang di marketplace terdapat perbedaan. Sedangkan pada
pengujian simultan variabel cashback dan gratis ongkir, kepuasan konsumen, dan
keragaman produk secara simultan berpengaruh terhadap minat beli ulang di
marketplace. Pada uji determinasi diketahui bahwa nilai adjusted R square pada
variabel cashback dan gratis ongkir, kepuasan konsumen, dan keragaman produk
terhadap minat beli ulang di shopee marketplace sebesar 63,7%, sedangkan nilai
adjusted R square pada Tokopedia adalah 59,9%, dan besarnya nilai Adjusted R
square pada aplikasi Bukalapak sebesar 27,7%.
Collections
- Undergraduate Theses [1432]