Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Agen Brilink PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Wilayah Medan)
View/ Open
Date
2021Author
Hendrawan, Apri
Advisor(s)
Fauzi, Amrin
Fawzeea, Beby Karina
Metadata
Show full item recordAbstract
Bank is a business entities that collect funds from the public such as deposits and
its will be distributed to the public in the form of credit and / or other forms in
order to improve people's lives. The Brilink agent is one of BRI's breakthroughs to
educate people in knowing basic knowledge about financial management by use
banking’s products and services. Phenomena that often occur in BRI Bank
customers against Brilink Agents, both directly and indirectly, such as the quality
of service provided to customers that are not up to standard so that it can lead to
the customer's decision to return to transactions at Brilink Agents and the impact
of these problems will decrease the number of transactions and decreased fee based income for Brilink agents. The purpose of this study was analyzed the effect
of service quality and corporate image on customer loyalty through satisfaction
as an intervening variable at the Brilink agent of PT Bank Rakyat Indonesia
(Persero) Tbk Medan regional office. The type of data used is quantitative in the
form of data primary and secondary. The population of this research is customers
in the micro segment. Sample criteria is customers who has transaction at Brilink
agents, a total sample are 400 respondents. The sampling method used Purposive
Sampling. Data analysis was carried out through PLS-SEM using the SmartPLS
program. The results showed that directly service quality and company image had
a positive and significant effect on customer loyalty, then indirectly service quality
and company image had a positive and significant effect on customer loyalty
through customer satisfaction. Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam
bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit
dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup
masyarakat. Agen Brilink salah satu terobosan Bank BRI untuk mengedukasi
masyarakat Indonesia dalam mengenal pengetahuan dasar tentang pengelolaan
keuangan melalui pemanfaatan produk dan layanan perbankan. Fenomena yang
sering terjadi pada nasabah Bank BRI terhadap Agen Brilink baik secara langsung
maupun tidak langsung seperti kualitas pelayanan yang diberikan kepada nasabah
yang belum sesuai standar sehingga dapat berujung pada keputusan nasabah untuk
kembali bertransaksi di Agen Brilink dan dampak dari permasalahan tersebut akan
menurunnya jumlah transaksi dan menurunya pendapatan fee based income agen
brilink. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan
sebagai variabel intervening pada agen brilink PT Bank Rakyat Indonesia
(Persero) Tbk kantor wilayah Medan. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif
berupa data primer dan sekunder.Populasi penelitian ini adalah nasabah pada
segmen mikro dengan kriteria sampel nasabah yang bertransaksi di agen brilink
dengan jumlah sampel sebanyak 400 responden. Metode penarikan sampel yang
digunakan adalah Purposive Sampling Analisis data dilakukan melalui PLS-SEM
dengan menggunakan program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
secara langsung kualitas pelayanan, dan citra perusahaan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas nasabah, kemudian secara tidak langsung kualitas
pelayanan dan citra perusahaan berpengaruh lpositif ldan lsignifikan terhadap
loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah.
Collections
- Master Theses [1169]