Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan, melalui Kepuasan Pelanggan pada Pelanggan Korporasi XXX
View/ Open
Date
2021Author
Rahayu, Hastuti Sri
Advisor(s)
Ginting, Paham
Sembiring, Beby Karina Fawzeea
Metadata
Show full item recordAbstract
To increase economic growth through infrastructure development in Indonesia,
the Government is accelerating projects that are considered strategic and have
high urgency to be realized in a short period. Corporate of XXX which is one of
the large cement companies in Indonesia is a great opportunity because PSN
will use a large amount of cement in its work. But Corporate of XXX is not alone
in the cement market, many competitors compete to get PSN(Project National
Stategic), so each company uses a surefire strategy in marketing its products both
in terms of service quality and by improving the company's image in the eyes of
customers so that customers are satisfied with Corporate of XXX and will
increase customer loyalty. The purpose of this research is to know and analyze the
influence of service quality and company image directly on customer loyalty and
the indirect influence of service quality and company image on customer loyalty
through customer satisfaction at Corporate of XXX. The type of data used is
quantitative in the form of primary and secondary data. The population of this
study is a company that makes purchases as many as 42 projects and the sample
recall used is a saturated sample so that all populations are used into samples.
The data analysis method used is to use the structural equation model by using
Smart PLS program. The results showed the quality of service has a positive and
significant effect on customer loyalty, the company's image has a positive and
significant effect on customer loyalty. The quality of service has a positive and
significant effect on customer satisfaction, the image has a positive and significant
effect on customer satisfaction. Customer satisfaction has a positive and
significant effect on customer loyalty. Customer satisfaction mediates the
influence of service quality and company image in shaping customer loyalty.
Coefficient of determining the influence of service quality and company image on
customer loyalty (R2) by 98.4% and coefficient of determining the influence of
service quality and company image on customer loyalty through customer
satisfaction (R2) by 96.5%. Dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui
pengembangan infrastruktur di Indonesia, Pemerintah melakukan upaya
percepatan proyek-proyek yang dianggap strategis dan memiliki urgensi tinggi
untuk dapat direalisasikan dalam kurun waktu yang singkat. Bagi Korporasi XXX
yang merupakan salah satu Perusahaan Semen besar di Indonesia merupakan
opportunity yang besar, karena PSN (Project Strategis Nasional) akan
menggunakan semen dalam jumlah yang besar dalam pekerjaannya. Tetapi
Korporasi XXX tidak berada sendiri di market semen, ada banyak kompetitor
yang bersaing untuk mendapatkan PSN, sehingga masing–masing perusahaan
menggunakan strategi jitu dalam melakukan pemasaran produknya baik dari segi
kualitas layanan maupun dengan meningkatkan citra perusahaan dimata para
customer sehingga para customer merasa puas terhadap Korporasi XXX dan akan
meningkatkan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan citra perusahaan secara langsung
terhadap loyalitas pelanggan serta pengaruh tidak langsung kualitas layanan dan
citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada
Korporasi XXX. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif berupa data primer
dan sekunder. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang telah melakukan
lebih dari dua kali pembelian yaitu sebanyak 42 perusahaan dan penarikan sampel
yang digunakan adalah sampel jenuh sehingga semua populasi digunakan menjadi
sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan structural
equation model dengan menggunakan program SmartPLS. Hasil penelitian
menunjukkan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan, citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan. Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan, citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan memediasi pengaruh kualitas layanan
dan citra perusahaan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Koefisien
determinasi pengaruh kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas
pelanggan (R2
) sebesar 98.4% serta koefisien determinasi pengaruh kualitas
layanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan
pelanggan (R2
) sebesar 96.5%.
Collections
- Master Theses [1169]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Nilai Pelanggan dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Ulang (Studi Pada Pelanggan Toko ATK Dan Accessories USU BERSAMA)
Sakdiah, Halimatun (Universitas Sumatera Utara, 2018)Dunia Bisnis sekarang ini terus bersaing untuk menciptakan berbagai kebutuhan konsumen yang semakin tinggi dan semakin cerdas dalam memilih kebutuhannya. Para konsumen dihadapkan oleh berbagai pilihan ketika mereka akan ... -
Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pelanggan TX Travel Jamin Ginting
Saragih, Nanda Ria Elisabet (Universitas Sumatera Utara, 2017)Loyalitas pelanggan merupakan salah satu tujuan perusahaan dengan memiliki pelanggan yang setia untuk melakukan pembelian ulang produk atau jasa. Untuk meningkatkan loyal pelanggan, setiap perusahaan wajib memperhatikan ... -
Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pasar Induk Lau Cih
Ramadhan, Teuku Iqram (Universitas Sumatera Utara, 2019)The purpose of this research is to known and analyze the influence of customer satisfaction, service quality and customer value on customer loyalty in Lau Cih Central Market. This research associated with a quantitative ...