| dc.contributor.advisor | Elida, Linda | |
| dc.contributor.author | Lubis, Indri Ocvi Suryana | |
| dc.date.accessioned | 2022-06-06T03:14:59Z | |
| dc.date.available | 2022-06-06T03:14:59Z | |
| dc.date.issued | 2022 | |
| dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/48840 | |
| dc.description.abstract | The division of labor in the household and taking care of children there are
differences that complement and understand each other, are responsible for the
ongoing family harmony. People with disabilities who interact with the
environment can experience obstacles and difficulty seeing in the long term. The
method used in this research is descriptive with a qualitative approach. This
method aims to produce a systematic and accurate description or description of
the facts that occur in society. Determination of informants in this study is to use
interview techniques, by interviewing 10 informants. The presentation of the data
refers to the Symbolic Interaction theory, to show the division of labor in families
with disabilities in the division of roles in the family and social interaction in
families with disabilities. The results of this study indicate that there are many
concepts of the role of earning a living, the division of roles in the household, the
role of boys and girls in the families of the visually impaired. The results of this
study indicate that the male role in making a living in the blind family is more
dominant in cooperation with their physical limitations. By using Symbolic
Interaction in the form of symbols and language according to Herbert Mead, How
is there a process of division of labor roles carried out by families with disabilities
by helping each other between partners between boys and girls and also the roles
of boys and girls? in families with disabilities who are treated equally and there is
no difference from one another. | en_US |
| dc.description.abstract | Pembagian kerja didalam rumah tangga penyandang disabilitas dan mengurus
anak terdapat juga perbedaan yang saling melengkapi dan saling memahami,
bertanggung jawab dalam berlangsungnya keharmonisan keluarga. Dan sangat
jarang sekali terjadinyan pola ketidak cocokan didalam keluarga disabilitas.
Disabilitas yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami
hambatan dan kesulitan melihat dalam jangka waktu yang lama. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Metode ini bertujuan untuk menghasilkan deskripsi ataupun gambaran secara
sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta yang terjadi dalam masyarakat.
Penentuan informan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara,
dengan mewawancarai 10 informan. Penyajian data mengacu pada teori Interaksi
Simbolik, untuk menunjukkan pembagian kerja di keluarga disabilitas dalam
pembagian peran-peran di dalam keluarga dan interaksi sosial pada keluarga
disabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa banyak sekali konsep
peran mencari nafkah, pembagian peran di dalam rumah tangga, peran anak lakilaki
dan perempuan di dalam keluarga ditunanetra. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa lebih dominan nya peran laki-laki dalam mencari nafkah di
dalam keluarga tunanetra dilakukan dengan kerja sama dengan keterbatasan fisik
mereka. Dengan menggunakan Interaksi Simbolik yang berupa simbol-simbol dan
bahasa menurut Herbert Mead, Bagaimana ada proses peran pembagian kerja
yang dilakukan keluarga penyandang disabilitas dengan saling membantu antara
pasangan satu sama lain antara anak laki-laki dan perempuan dan juga peran anak
laki-laki dan perempuan di dalam keluarga disabilitas yang di perlakukan samasama
seimbang dan tidak ada perbedaan satu sama lainnya | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
| dc.subject | Pembagian Kerja | en_US |
| dc.subject | Disabilitas | en_US |
| dc.subject | Keluarga Disabilitas | en_US |
| dc.title | Pembagian Kerja di Keluarga Penyandang Disabilitas | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nim | NIM170901069 | |
| dc.description.pages | 132 halaman | en_US |
| dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |