Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kualitas Pelayanan Perawat di Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Medan
View/ Open
Date
2022Author
Monalisa, Joan
Advisor(s)
Pohan, Vivi Gusrini Rahmadani
Metadata
Show full item recordAbstract
The purpose of this study was to examine the effect of transformational leadership on the quality of care for nurses at the Putri Hijau Hospital in Medan. The subjects used in this study were nurses at the Putri Hijau Level II Hospital, totaling 124 people. This research uses quantitative methods. Methods of data collection is done by using the scale of transformational leadership (Bass, 1994) and service quality (Parasuraman, 1988). The data analysis method used in this research is using linear regression test. Based on the results of the study, it can be concluded that transformational leadership is able to affect service quality by 24.5%, the remaining 75.5% is explained by other variables or factors. Transformational leadership has a positive and significant effect on service quality. Tujuan penelitian ini dilakukan ia untuk melihat pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kualitas pelayanan perawat Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Medan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perawat di RS Tingkat II Putri Hijau yang berjumlah 124 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan skala kepemimpinan transformasional (Bass, 1994) dan kualitas pelayanan (Parasuraman, 1988). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan uji regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional mampu mempengaruhi kualitas layanan sebesar 24.5% sisanya sebesar 75,5% dijelaskan oleh variabel atau faktor lainnya. Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan.
Collections
- Undergraduate Theses [1360]