Pengaruh Servicescape, Brand Experience dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Image sebagai Variabel Intervening pada Filosofi Kopi Medan
View/ Open
Date
2021Author
Verinanda, Muhammad Ridwan
Advisor(s)
Rini, Endang Sulistya
Harahap, R. Hamdani
Metadata
Show full item recordAbstract
Gelombang ketiga era kopi berdampak signifikan terhadap peningkatan peminum kopi di Kota Medan. Itu terlihat dari mudahnya menemukan coffee shop kekinian di kawasan ini. Oleh karena itu, tingkat persaingan yang semakin tinggi membuat banyak coffee shop kekinian di Kota Medan menghadapi tingkat kegagalan yang tinggi. Salah satu penyebab banyaknya coffee shop kekinian yang gagal mengelola gerainya dalam jangka panjang adalah karena coffee shop kekinian di Kota Medan belum memahami preferensi peminum kopi di era kopi gelombang ketiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh servicescape, brand experience dan social media marketing terhadap keputusan pembelian melalui brand image sebagai variabel intervening pada Filosofi Kopi Medan. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif, sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 150 orang yang merupakan konsumen yang pernah mengunjungi Filosofi Kopi Medan dan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis deskriptif dan analisis SEM-lisrel. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Servicescape tidak berpengaruh signifikan terhadap Brand Image, variabel Brand Experience berpengaruh positif terhadap Brand Image, Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image, Brand Image berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, Servicescape tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian berpengaruh secara positif dan signifikan, Brand Experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan untuk hasil pengujian pengaruh tidak langsung menunjukan bahwa Brand Experience melalui Brand Image berpengaruh secara tidak langsung terhadap Keputusan Pembelian konsumen, Servicescape melalui Brand Image tidak mempunyai pengaruh secara tidak langsung terhadap Keputusan Pembelian konsumen, Social Media Marketing melalui Brand Image tidak mempunyai pengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian konsumen.
Collections
- Master Theses [1169]