Analisis Usability Layanan Sirkulasi Mandiri di Andalusia Library and Knowledge Center Universitas Putera Indonesia YPTK Padang
View/ Open
Date
2018Author
Yulina, Gina Erma
Advisor(s)
Siregar, A. Ridwan
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan di Andalusia Library and Knowledge Center Universitas Putera Indonesia YPTK Padang yang beralamat di Jalan Raya Lubuk Begalung, Padang Sumatera Barat Gedung B, Lantai 3 Kampus Universitas Putera Indonesia YPTK Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat usability layanan sirkulasi mandiri di Andalusia Library and Knowledge Center Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 18.484 orang yang merupakan anggota aktif perpustakaan. Penentuan sampel diambil dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel berjumlah 100 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner yang dirancang berdasarkan indikator yang digunakan dalam penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (75,00%) responden menyatakan layanan sirkulasi mandiri mudah dipelajari (Learnability), pada umumnya (86,25%) responden menyatakan layanan sirkulasi mandiri efisien (Efficienncy), pada umumnya (78,25%) responden menyatakan layanan sirkulasi mandiri mudah diingat (Memorability), sebagian besar (56,25%) responden menyatakan pernah melakukan kesalahan dan mampu mengatasi kesalahan pada saat transaksi peminjaman dan pengembalian (Errors), dan pada umumnya (96,00%) responden menyatakan puas menggunakan layanan sirkulasi mandiri (Satisfaction).
Collections
- Undergraduate Theses [739]