Pengaruh Aesthetic Packaging dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Brand Kosmetik Etude House (Studi Pada Generasi Z di Kota Medan)
View/ Open
Date
2022Author
Amalia, Faranisa
Advisor(s)
Siregar, Onan Marakali
Metadata
Show full item recordAbstract
Cosmetics is a product that is a basic need for many women every day. The
high consumer buying interest in cosmetics, especially in generation Z makes
business competition in the cosmetic field very tight, business actors continue to
make innovations so that the products they market can attract the attention of
consumers, for example, Etude House products are very concerned with their
aesthetic packaging with varied product prices to attract consumers.
This study aims to analyze the influence of aesthetic packaging and price
on consumer buying interest, whether they have used the brand or not. The
influence between packaging and price will be analyzed partially and
simultaneously on consumer buying interest
The form of research used for this research is quantitative with an associative
approach. Sampling was done through the purposive sampling technique and used
100 respondents as samples. The primary data used in this research was obtained
by distributing questionnaires through a google form, while the secondary data
were obtained through a literature study. The data analysis method used is validity
test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis,
And hypothesis test
The results of the research conducted indicate that the packaging variabel
(X1) has a significant effect on consumer buying interest, as well as price (X2) has
a significant effect on consumer buying interest. Variabel packaging and price
simultaneously affect consumer buying interest (Y). The coefficient of determination
test shows that there is a very close relationship between aesthetic packaging and
price, with the value of R equals 0,818 it is also known that aesthetic packaging
and price contributes 66,3 on consumer buying interest while the remaining 33,7%
is influenced by other variabels not included in this study. Kosmetik merupakan suatu produk yang menjadi kebutuhan pokok di setiap
harinya oleh banyak wanita. Tingginya minat beli konsumen pada kosmetik,
khususnya pada generasi Z membuat persaingan usaha dibidang kosmetik sangat
ketat, pelaku usaha pun terus membuat suatu inovasi baru agar produk yang
dipasarkannya dapat menarik perhatian konsumen contohnya seperti yang dilkukan
produk Etude House yang sangat memperhatikan dengan aesthetic packaging
produknya, dengan harga produk yang variatif dengan tujuan untuk menarik minat
konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh aesthetic
packaging dan harga terhadap minat beli konsumen ada generasi Z di Kota Medan.
Pengaruh antara aesthetic packaging dan harga tersebut akan dianalisis secara
parsial dan secara simultan terhadap minat beli konsumen
Bentuk penelitian yang digunakan untuk penelitian ini, yaitu kuantitatif
dengan pendekatan asosiatif. Pengambilan sampel dilakukan melalui Teknik
purposive sampling dan menggunakan 100 responden sebagai sampel. Data primer
yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner
melalui google form sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan.
Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi
klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel aesthetic
packaging (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen,
akan tetapi Harga (X2) berpengaruh signifikan dengan minat beli konsumen.
Variabel packaging dan harga secara simultan mempengaruhi minat beli konsumen
(Y). uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat
erat antara aesthetic packaging dan harga, terhadap minat beli konsumen dengan
nilai R sebesar 0,818 melalui nilai adjusted R square diketahui variable aesthetic
packaging dan harga berkontribusi sebesar 66,3%, terhadap minat beli konsumen
sedangkan 33,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya
Collections
- Undergraduate Theses [1432]