dc.contributor.advisor | Sinar, Silvana | |
dc.contributor.advisor | Zein, T. Thyrhaya | |
dc.contributor.author | Suryani, Ririn Fitri | |
dc.date.accessioned | 2022-07-11T05:12:02Z | |
dc.date.available | 2022-07-11T05:12:02Z | |
dc.date.issued | 2022 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/49456 | |
dc.description.abstract | The research analyses multimodal in advertisement of Wardah Islamic
beauty products. As advertisement has become one of ways to promote products in
mass media that reflects the life of today’s society: thus it is a multimodal discourse
in which the text consists of source of complex meaning. The complexity of meaning
occurs for the message working together as a unified meaning. The research is
conducted by observing wardah beauty product advertisement that manifest verbal
and visual element. The research aims at analyzing multimodal elements, how they
represent through wardah beauty product advertisement, why wardah beauty
product advertisement is realised through visual and verbal text, and how
multimodal is realized in wardah beauty product advertisement. The research
applies Halliday’s metafunction component and Kress and Leeuwen’s alnalysis of
visual multimodal. The research data consist of verbal text in the form and visual
data in the form of images selected form wardah beauty product advertisement.
Qualitative descriptive method is employed using technique of documentation to
collect data form advertisement videos of wardah beauty products taken form its
official website. The results indicate that there are meaning found in verbal and
visual text in wardah beauty product advertisement, namely Experential function of
verbal text that includes process: Material processes, Mental processes, Relational
process as well as Behavioral, Verbal and Existential proses with the occurrence
percentage of 72.9%, 8.1%, 2.7%, 5.4% respectively : Participants: Goal, Actor,
Senser and Behaver, Phenomenon, Sayer, Words, and Existent as well as Value
with the Occurrence percentage of 49.1%, 24.5%, of 5.6%, of 3.7% and
1.8%. respectively : Circumstances: Manner, Time, Location as well as Reason
and Accompaniment with the occurrence percentage of 43.7%, 31.2%, 12.5% and
6.2% respectively. The representation of metafunction found in Wardah beauty
advertisement includes Process: Action, Reaction and Mental as well as Verbal and
Coversion with the occurance percentage of 72,9 %, 8,1 %, and 5,4% respectively.
The realisation of visual and verbal text in Wardah beauty advertisement uttered
by a narrator simultaneously with visual advertisement in analysed by investigating
the relation between linguistic elements and visual images which is a series of
producer’s message, goal and intention to the public. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini membahas tentang analisis multimodal dalam iklan produk
kecantikan islami wardah. Saat ini, Iklan merupakan salah satu dari berbagai jenis
iklan di media massa yang pasti melingkupi kehidupan masyarakat saat ini. Ini
adalah wacana multimodal di mana teks terdiri dari sumber-sumber makna yang
kompleks. Kompleksitas makna disebabkan karena pesan yang disampaikan dalam
iklan tidak hanya menggunakan Bahasa verbal saja tetapi juga gambar visual yang
bekerja sama sebagai satu kesatuan makna. Penelitian ini mengamati iklan
kecantikan wardah memanifestasikan elemen verbal dan visual. Penelitian ini
bertujuan menganalisis unsur-unsur multimodal dan representasi yang terdapat di
dalam iklan produk kecantikan wardah, kemudian alasan iklan produk kecantikan
Wardah direalisasikan dalam teks visual dan verbal. Dan bagaimana multimodal
direalisasikan dalam iklan kecantikan wardah. Penelitian ini menggunakan
komponen Metafungsi Bahasa Halliday dan analisis visual multimodal kress dan
van Leeuwen. Data dalam penelitian ini adalah teks verbal berupa kata atau klausa
yang kemudian ditranskripkan dalam bentuk tulisan dan data visual berupa gambar
yang terdapat dalam iklan kecantikan wardah. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif dengan menggunakan metode
dokumentasi dengan cara mengumpulkan atau mendokumentasikan melalui video
iklan produk Wardah dari situs resminya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa,
ditemukan makna yang terdapat dalam teks verbal dan teks visual dalam iklan
produk kecantikan wardah berupa : fungsi eksperensial teks verbal meliputi proses:
proses material dengan presentase kemunculan 72,9%, proses mental dengan
presentase kemunculan 8,1%, proses relasional dengan presentase kemunculan
2,7%, proses tingkah laku, verbal dan wujud dengan presentase kemunculan 5,4%.
Partisipan: gol dengan presentase kemunculan 49,1%, actor dengan presentase
kemunculan 24,5%, pengindra dan petingkah laku dengan presentase kemunculan
5,6%, fenomena, pembicara, perkataan, dan wujud dengan presentase kemunculan
3,7% dan nilai dengan presentase kemunculan 1,8 %. Sirkumtan: cara dengan
presentase kemunculan 43,7%, waktu dengan presentase kemunculan 31,2%, lokasi
dengan presentase kemunculan 12,5 %, sebab dan penyerta dengan presentase
kemunculan 6,2%. Metafungsi representasi pada iklan kecantikan Wardah meliputi
actor, gold, penyerta dan tempat. Realisasi teks visual dan teks verbal dalam iklan
kecantikan Wardah yang diverbalisasikan oleh seorang narator bersamaan dengan
Visual iklan yang muncul dengan menelusuri hubungan unsur linguistik terhadap
visual gambar yang merupakan jalinan pesan, tujuan dan maksud produsen kepada
khalayak. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Multimodal | en_US |
dc.subject | Metafungsi Bahasa | en_US |
dc.subject | Iklan Kecantikan Wardah | en_US |
dc.title | Analisis Multimodal dalam Iklan Produk Kecantikan Islami Wardah | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM187009030 | |
dc.description.pages | 135 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |