dc.description.abstract | Barung Pulumacan merupakan objek wisata yang baru beroperasi dalam kurun
waktu kurang lebih 6 bulan sehingga masih banyak wisatawan yang belum
mengetahui adanya Objek Wisata ini. Saat ini Barung Pulumacan sudah berhasil
mendatangkan rata-rata 500 pengunjung pada akhir pekan dengan melakukan
kegiatan promosi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui teknik promosi yang
diterapkan oleh pengelola Barung Pulumacan dalam melakukan kegiatan promosi.
Metode yang digunakan dalam kertas karya ini adalah penelitian kepustakaan
dengan memperoleh data dari buku, jurnal ilmiah, dan penelitian lapangan yaitu
memperoleh data dari wawancara atau observasi. Hasil dari penelitian ini adalah
teknik promosi yang digunakan oleh pengelola Barung Pulumacan yaitu
menggunakan promosi Advertising (media social dan spanduk), Sales Promotion,
Personal Selling, dan Public Relation. Secara keselurahan teknik promosi yang
dilakukan Barung Pulumacan sudah sangat baik, namun pada teknik promosi
Public Relation belum terlaksanakan dengan baik dikarenakan event satu tahun
Barung Pulumacan belum dilaksanakan, hal itu yang akan memberikan informasi
terhadap wisatanya sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan | en_US |