dc.contributor.advisor | Elveny, Marischa | |
dc.contributor.advisor | Siregar, Baihaqi | |
dc.contributor.author | Nst, Thomy Fauzi Rayendra | |
dc.date.accessioned | 2022-08-24T08:37:48Z | |
dc.date.available | 2022-08-24T08:37:48Z | |
dc.date.issued | 2022 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/49829 | |
dc.description.abstract | The development of Internet of Things technology in helping daily human activities is growing rapidly and continuously. Many of the IoT technologies are used to make it easier for humans to do work or connect to certain equipment without having to contact or direct contact. The use of this technology continues to various aspects of life such as household appliances, office equipment, to automation or pet monitoring. Then complement the IoT technology, also develop Augmented Reality technology which is widely used to visualize an object more interactively. If these two technologies are combined, they will produce many benefits that can be felt by humans, such as automation and monitoring of fish feed residues, which are simulated using Augmented Reality technology. The automation system uses the HC-SR04 sensor and uses Arduino Uno. Then data such as leftover feed, or making a feeding schedule can be done through a smartphone application with a simulation display using Augmented Reality. In uniting leftovers, a Fuzzy Logic algorithm is also used which determines and makes a decision whether the leftovers are in the category of good, medium or bad. | en_US |
dc.description.abstract | Perkembangan teknologi Internet of Things dalam membantu aktivitas manusia sehari-hari semakin pesat dan terus berkelanjutan. Banyak di antara teknologi IoT dimanfaatkan untuk mempermudah manusia melakukan pekerjaan atau terhubung dengan peralatan tertentu tanpa harus bersentuhan atau kontak langsung. Pemanfaatan teknologi tersebut terus berlangsung hingga mencakup berbagai aspek kehidupan seperti peralatan rumah tangga, peralatan perkantoran, hingga otomatisasi atau pemantauan hewan peliharaan. Kemudian melengkapi teknologi IoT tersebut, berkembang pula teknologi Augmented Reality yang banyak dimanfaatkan untuk memvisualisasi suatu objek dengan lebih interaktif. Jika kedua teknologi ini dipadukan akan menghasilkan banyak manfaat yang bisa dirasakan manusia seperti melakukan otomatisasi dan monitoring sisa pakan ikan, yang disimulasikan menggunakan teknologi Augmented Reality. Sistem otomasi menggunakan sensor HC-SR04 serta diproses menggunakan Arduino Uno. Kemudian data-data seperti sisa pakan, atau membuat schedule pemberian makan bisa dilakukan melalui aplikasi smartphone dengan tampilan simulasi menggunakan Augmented Reality. Di dalam memantau sisa makanan juga digunakan algoritma Fuzzy Logic yang menentukan dan mengambil keputusan apakah sisa makanan masuk pada kategori bagus, sedang atau buruk. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Augmented Reality | en_US |
dc.subject | Internet of Things | en_US |
dc.subject | Sensor | en_US |
dc.subject | Otomatisasi | en_US |
dc.subject | Fuzzy Logic | en_US |
dc.title | Augmented Reality untuk Simulasi Pemberi Pakan Ikan Otomatis Menggunakan Sensor Ultrasonik HC-SR04 dan Arduino Uno serta Algoritma Fuzzy Logic | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM151402038 | |
dc.description.pages | 64 Halaman | en_US |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |