Efektivitas Perusahaan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Pelanggan (Studi Kasus: PT. Pos Indonesia (PERSERO) Kantor Pos Cab. Sidikalang, Kec. Sidikalang, Kab. Dairi, Sumatera Utara)
Abstract
Tulisan ini berjudul Efektivitas Perusahaan Dalam Meningkatkan Kualitas
Pelayanan Pada Pelanggan (Studi Kasus: PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos
Cab. Sidikalang, Kec. Sidikalang, Kab. Dairi, Sumatera Utara) yang bertujuan
untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara mendalam efektivitas perusahaan
dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada pelanggan di PT. Pos Indonesia
(Persero) Kantor Pos Cab. Sidikalang yang ditinjau berdasarkan dimensi tangible,
responsiviness, reliability, assurance, dan emphaty. Kemudian apa saja faktor yang
mendukung dan menghambat proses peningkatakan kualitas pelayanan di kantor
pos Sidikalang. Manfaat dari penelitian ini adalah agar dapat menambah
pengetahuan penulis dalam menyusun karya ilmiah, serta sangat diharapkan agar
penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pihak pos dalam meningkatkan kualitas
pelayanan pada pelanggan agar lebih efektif.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif yang bersifat deskriptif, dimana pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi partisipasi serta wawancara mendalam terhadap
beberapa informan. Dalam penelitian ini penulis lebih memfokuskan terhadap
pelanggan yang ada di kantor pos Sidikalang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas perusahaan dilihat dari
pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan perubahan
nyata dalam proses pelayanan di kantor pos Sidikalang, menunjukkan bahwa
berdasarkan kategori tersebut pelayanan yang di lakukan di kantor pos dapat
bekerja dengan baik dan memahami tugas dan tanggung jawabnya sebagai bagian
dari pelayanan pelanggan dengan memahami program yang mereka emban, soal
ketepatan waktu dan sasaran perusahaan sudah mampu dan memberikan loyalitas
pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan juga kantor pos sebagai perusahaan.
Kemudian tercapainya tujuan dari pelayanan itu sendiri dengan selalu menekankan
pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan, menunjukkan perubahan nyata yang
tampak dan mampu memberi kepercayaan terhadap pelanggan. Kualitas pelayanan
pada pelanggan di Kantor Pos Sidikalang Kabupaten Dairi mencakup lima dimensi
yaitu : Tangible, Reliability, Responsiviness, Assurance, dan Emphaty juga sudah
dijalankan dengan baik namun disamping itu harus selalu ditingkatkan kedepannya
agar diperoleh pelayanan yang berkualitas dan prima.
Collections
- Undergraduate Theses [939]