Persepsi Mahasiswa Akademik FKG USU terhadap Senyum yang Disertai dengan Diastema dan Deviasi Midline
Abstract
Perawatan ortodonti yang dilakukan oleh dokter gigi semakin diminati
terkhusus perawatan yang menyangkut estetika yang mana perawatan ini bersifat
individual dan subjektif serta terus berubah di masyarakat, sehingga diperlukan suatu
parameter yang telah diteliti dan bisa mengatasi subjektivitas dari persepsi estetika
senyum. Ada delapan komponen yang dapat dinilai untuk mendapatkan senyum yang
ideal salah satunya komponen gigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana persepsi mahasiswa FKG USU terhadap senyum yang disertai dengan
keberadaan diastema dan deviasi midline yang mana ini termasuk dalam penilaian
melalui komponen gigi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan
pendekatan cross sectional, serta teknik sampling berupa Purposive Sampling. Sampel
penelitian adalah 120 mahasiswa akademik FKG USU dari semester dua dan empat
pada tahun 2022. Penilaian persepsi dilakukan dengan kuesioner yang dibagikan secara
online. Data dianalisis secara komputerisasi dengan analisis frekuensi dan persentase
serta uji statistik berupa uji analitik komparatif Chi Square. Hasil penelitian yang
didapatkan mahasiswa FKG USU memiliki persepsi bahwa senyum yang disertai
dengan diastema midline sebagai senyum yang paling menarik yaitu sebanyak 53 orang
(44,2%) dan mahasiswa FKG USU memiliki persepsi bahwa senyum yang disertai
dengan deviasi midline sebesar 4mm sebagai senyum yang paling menarik yaitu
sebanyak 53 orang (44,2%). Hasil uji Chi Square tidak didapatkan perbedaan persepsi
yang signifikan pada persepsi senyum yang disertai dengan diastema dan deviasi
midline pada kelompok A (semester dua) antara mahasiswa yang paham dan tidak
paham terhadap diastema dan midline, pada kelompok B (semester 4) juga tidak
ditemukan perbedaan persepsi yang signifikan pada persepsi senyum yang disertai dengan diastema antara mahasiswa yang paham dan tidak paham terhadap diastema,
sedangkan ditemukan perbedaan yang signifikan pada persepsi senyum yang disertai
dengan deviasi midline antara kelompok B yang paham dan tidak paham terhadap
midline.
Collections
- Undergraduate Theses [1901]
