Pengaruh Desain dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Jasa Event Party Planner (Studi pada Pelanggan Party and Gift Kota Medan )
View/ Open
Date
2021Author
Anugrah, Bagoes Hardy
Advisor(s)
Dirbawanto, Nana Dyki
Metadata
Show full item recordAbstract
The conditions of competition in the business world require every
entrepreneur to be able to compete creatively and survive against competitors.
Very tight competition requires entrepreneurs to be able to determine the right
choice in competing, namely in fulfilling the needs of consumers who always vary.
One of the consumer needs and is a business opportunity at this time is the Event
Party Planner service, where this business is engaged in decorating services
provided for consumers who want to perfect the event to be held.
This study aims to determine how the influence of design on purchasing
decisions, how prices affect purchasing decisions, and how design and price
influence purchasing decisions. The type of research used in this research is
quantitative research with an associative approach.
The population in this study are Party and Gift customers in Medan
City. The sampling technique used in this study is a purposive sampling technique
and uses 100 respondents as a sample. Primary data used in this study was
obtained by distributing questionnaires in the form of google form and secondary
data obtained through literature study. The data analysis method used is validity
test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression test, and
hypothesis testing.
The results showed that the design variable had a positive effect on the
purchasing decision variables, the price variable had a positive effect on the
purchasing decision variables, and the design and price variables had a
simultaneous effect on the purchasing decision variables. The coefficient of
determination test shows that there is a relationship between design and price
variables on purchasing decisions with an R value of 0.851. Through the adjusted
R square value of 71.8% of the purchasing decision variables while the rest is
influenced by other variables not mentioned in this study. Kondisi persaingan dalam dunia bisnis menuntut setiap pengusaha untuk
mampu bersaing secara kreatif dan bertahan melawan pesaing. Persaingan yang
sangat ketat menuntut para pengusaha untuk dapat menentukan pilihan yang tepat
dalam berkompetisi, yaitu dalam melakukan pemenuhan kebutuhan konsumen
yang selalu bervariasi. Salah satu kebutuhan konsumen dan merupakan sebuah
peluang usaha pada masa sekarang ini adalah jasa Event Party Planner, dimana
usaha ini bergerak di bidang pelayanan jasa dekorasi yang disediakan untuk
konsumen yang ingin menyempurnakan acara yang akan diselenggarakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh desain
terhadap keputusan pembelian, bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan
pembelian, dan bagaimana pengaruh desain dan harga terhadap keputusan
pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan pendekatan asosiatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Party and Gift Kota Medan.
Teknik pegambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
purposive sampling dan menggunakan 100 responden sebagai sampel. Data
primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan
kuesioner dalam bentuk google form dan data sekunder diperoleh melalui studi
literatur. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas,
uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel desain berpengaruh positif
terhadap variabel keputusan pembelian, variabel harga berpengaruh positif
terhadap variabel keputusan pembelian, dan variabel desain dan harga
berpengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian. Uji koefisien
determinasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel desain dan
harga terhadap keputusan pembelian dengan nilai R sebesar 0,851. Melalui nilai
adjusted R square sebesar 71,8% terhadap variabel keputusan pembelian
sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak disebutkan
dalam penelitian ini.
Collections
- Undergraduate Theses [1432]