Strategi Pemenangan Afif Abdillah pada Pemilihan Umum Legislatif Kota Medan 2019
View/ Open
Date
2022Author
Rifesa, Mhd. Ramadhan Putra
Advisor(s)
Ardian, Muhammad
Metadata
Show full item recordAbstract
This Theis is entitled Afif Abdillah winning strategy in the 2019 Medan
City legislative general election. This Theis aims to find out and describe the form
of strategy carried out by legislative candidates to achieve a victory sitting in a
parlementary seat. In the elecetion of legislative candidates for Medan City, he
explained that there was a form of political strategy carried out by Afif Abdillah
S.E. In his victory, Afif Abdillah use various strategies, including: Political
Marketing, Political Communication, and Political Campaign. Political
marketing serves to form a positive good image of the political contestants in the
midst of society, then political communication is a way be able to carry out good
communication with the community which he uses to be able to convey his
political massages to the public and the public can tall the problems to occur in
the community. In that environment, the political campaign was used by him to gain the symphaty of the people in large numbers so that it could be a way to get a
big voice from the community and divert support to him. This thesis uses a
descriptive qualitative research method.
This reaseacrh data can be in the form of interviews, literature studies and
documentation The analysis technique uses data reduction, data analysis, and
submission of conclution. The results of this study indicate that the form of
strategy from Afif Abdillah in the 2019 legislative election is using marketing as a
young legislative candidate, marketing using social media, marketing directly to
the community and body language, marketing the chairman of the Nasdem party
in Medan, direct political communication and open and open campaigns. face to
face. Dalam konteks Negara Indonesia yang menganut sistem demokrasi dalam
kehidupan bernegara, maka suatu hal yang penting didalamnya terdapat sistem
pemilihan umum yamg dijalankan secara demokratis. Pemilihan umum yang
dilaksanakan dengan menganut asas Luber (langsung, umum, bebas, rahasia)
nantinya akan mendorong masyarakat yang merasa pantas untuk dipilih dan
memiliki kesiapan mencalonkan dirinya kepada penyelenggara pemilu tersebut
untuk ikut berkompetisi dalam pesta demokrasi tersebut.
Oleh karena itu dalam melakukan penulisan Skripsi ini saya tertarik untuk
mengetahui bagaimana bentuk strategi yang dilakukan oleh individu calon
legislatif yang berada di Kota Medan. Maka saya mengambil Skripsi ini dengan
judul Strategi Pemenangan Afif Abdillah Pada Pemilihan Umum Legislatif Kota
Medan 2019. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk
strategi yang dijalankan oleh kandidat calon legislatif untuk mencapai sebuah
kemenangan duduk pada kursi parlemen. Pada pemilihan calon legislatif Kota
Medan lalu menjelaskan ada bentuk strategi politik yang dijalankan oleh Afif
Abdillah S.E. Dalam pemenangan nya Afif Abdillah menggunakan bentuk strategi antara lain: Marketing Politik, Komunikasi Politik, dan Kampanye Politik.
Marketing Politik berfungsi untuk membentuk citra baik positif dari kontestan
politik tersebut di tengah tengah masyarakat , lalu Komunikasi Politik adalah cara
untuk dapat melakukan komunikasi yang baik dengan masyarakat yang beliau
gunakan untuk dapat menyampaikan pesan pesan politik nya kepada masyarakat
serta masyarakat dapat memberitahukan permasalahan yang terjadi di lingkungan
tersebut, Kampanye Politik digunakan oleh beliau untuk mendapatkan simpati
masyarakat dengan jumlah yang banyak sehingga hal tersebut dapat menjadi cara
untuk mendapat suara yang besar dari masyarakat dan dapat mengalihkan
dukungan kepada dirinya. Skripsi ini menggunakan bentuk metode penelitian
kualitatif. Data penelitian ini di dapat dalam bentuk wawancara, studi pustaka dan
dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, analisis data, dan
penyampaian kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk
Strategi dari Afif Abdillah pada pemilihan legislatif 2019 ialah menggunakan
marketing sebagai sosok caleg muda,marketing menggunakan media sosial,
marekting turun langsung kemasyarakat dan bahasa tubuh, marketing ketua partai
Nasdem kota Medan, komunikasi politik langsung serta kampanye terbuka dan
tatap muka.
Collections
- Undergraduate Theses [1056]