Eksistensi Fanatisme Kpopers Terhadap Online Shop
Abstract
Skripsi ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana
bentuk perilaku fanatisme Kpopers yang berdampak terhadap ke online shop, serta
bagaimana strategi online shop tersebut agar tetap bertahan walaupun banyak
online shop lainnya dan banyak kendala-kendala yang mereka hadapi.
Pembahasan didasarkan pada riset lapangan etnografi terhadap owner online
shop dan juga kpopers yang berada di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif sebagai bagian dari kajian etnografis.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi partisipasi,
wawancara mendalam, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fanatisme kpopers itu membuat
mereka menjadi konsumtif. Mereka rela membeli barang-barang yang bahkan
tidak ada berhubungan dengan keperluan hidup mereka sehari-hari. Tetapi, ada
juga kpopers yang mengambil peluang ini sebagai penghasilan mereka dengan
membuka online shop.
Collections
- Undergraduate Theses [939]