Strategi Pelayanan Customer Service Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen di Sumatera Utara
View/ Open
Date
2022Author
Siagian, Tioma
Advisor(s)
Bangun, Nur Cahaya
Metadata
Show full item recordAbstract
Strategi pelayanan customer service dalam meningkatkan kepuasan konsumen
berperan penting karena dengan adanya strategi pelayanan yang baik maka
kualitas pelayanan akan meningkat dan kepuasan konsumen juga meningkat.
Rumusan masalah dari tugas akhir ini adalah bagaimana strategi pelayanan
customer service PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam meningkatkan
kepuasan konsumen di Sumatera Utara, sedangkan tujuan dari penelitian adalah
untuk mengetahui strategi pelayanan customer service PT. Kereta Api Indonesia
(Persero) dalam meningkatkan kepuasan konsumen di Sumatera Utara. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research)
yakni data yang diperoleh berasal dari buku-buku, artikel, dan sumber pustaka
lainnya yang relevan. Selain itu penulis juga melakukan penelitian lapangan
yakni observasi langsung di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) cabang Medan
dengan melakukan wawancara langsung kepada customer service. Hasil
penelitian yang diperoleh terdapat 9 strategi pelayanan customer service di PT.
Kereta Api Indonesia (Persero) untuk meningkatkan kepuasan konsumen di
Sumatera Utara yaitu: 1) Helpful; 2) Affection; 3) Attention; 4) Professional; 5)
Integrity; 6) Nice; 7) Empathy; 8) Smile; 9) Service. Dari semua point strategi
pelayanan customer service berjalan dengan baik, akan tetapi pada dua point
ysitu Attention dan Smile perlu diberikan training dan pelatihan sehingga dapat
berjalan dengan baik.
Collections
- Diploma Papers (Tourism) [303]