dc.description.abstract | Perpustakaan merupakan pusat informasi dimana bahan-bahan pustaka
dikumpul, diolah dan kemudian disebarluaskan agar dapat dimanfaatkan
semaksimal mungkin oleh masyarakat penggunanya. Sedangkan menurut SjahrialPamuntjak (2000:5), “Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah perpustakaan yang
tergabung dalam lingkungan lembaga pendidikan tinggi, baik yang berupa
perpustakaan universitas, perpustakaan fakultas, perpustakaan akademik,
perpustakaan sekolah tinggi”.
Maka dengan ini peran perpustakaaan perguruan tinggi semakin penting
dalam memberikan jasa layanan pada civitas akademika dalam melaksanakan
program tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, pengajaran, penelitian dan
pengabdian kepada masyarakat.
Perkembagan suatu perpustakaan dapat dilihat dari kegiatan pelayanannya.
Karena keberhasilan pelayanan merupakan tujuan akhir yang ingin dicapai oleh
satu perpustakaan. Pelayanan pengguna adalah sala satu tugas penting dalam
penyelenggaraan suatu perpustakaan, dimana pelayanan pengguna tersebut adalah
suatu unit kegiatan yang mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan
informasi dan pengarahan hingga pengguna dapat menelusuri dan mempelajari
informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan.
Perpustakaan harus berusaha memberikan pelayanan kepada pengguna
dengan sebaik-baiknya agar pengguna dapat merasakan manfaat perpustakaan.
Untuk melakukan tugas layanan dengan baik, pihak perpustakaan perlu
mempelajari, memahami dan mengerti akan kebutuhan penggunanya, dimana
dalam memberikan pelayanannya perpustakaan harus menggunakan kepentigan
pengguna perpustakaan sehingga fungsi perpustakaan benar-benar terlaksana.
Pengguna yang dilayani pada perpustakaan UMN terdiri dari mahasiswa, staf
pengajar, tata usaha dan peneliti. | |