• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Agriculture
    • Department of Agribusiness
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Agriculture
    • Department of Agribusiness
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pemasaran CPO(Crude Palm Oil)PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV) (Studi Kasus : Kantor Pusat PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV) dan Kantor Pemasaran Bersama (KPB) PT Perkebunan Nusantara I-V Cabang Medan)

    View/Open
    Fulltext (1.153Mb)
    Date
    2007
    Author
    Sinaga, Jaldi Christanto
    Advisor(s)
    Sihombing, Luhut
    Rahmanta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kelapa sawit adalah penghasil minyak nabati yang dapat diandalkan, karena minyak yang dihasilkan memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan minyak yang dihasilkan oleh tanaman lain. Keunggulan tersebut di antaranya memiliki kadar kolesterol rendah, bahkan tanpa kolesterol. Minyak nabati yang dihasilkan dari pengolahan buah kelapa sawit berupa minyak sawit mentah (CPO atau Crude Palm Oil) yang berwarna kuning dan minyak inti sawit (PKO atau Palm Kernel Oil) yang tidak berwarna (jernih). CPO atau PKO banyak digunakan sebagai bahan industri pangan (minyak goreng dan margarine), industri sabun (bahan penghasil busa), industri baja (bahan pelumas), industri tekstil, kosmetik, dan sebagai bahan bakar alternatif. Pemasaran CPO (Crude Palm Oil) dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal, seperti mutu CPO (asam lemak bebas, kadar lembap/kadar air, jumlah CPO, harga CPO, tujuan perusahaan dan promosi) dan faktor-faktor eksternal, seperti kebijakan pemerintah (kuota penjualan, pajak ekspor, dan kebijakan perbankan), tarif bea masuk, kurs, komoditas substitusi,dan persaingan (pesaing). Berdasarkan uraian tersebut maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut: 1. Bagaimana proses pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV)? 2. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV)? 3. Bagaimana proses penentuan harga CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV)? 4. Berapa besar share margin yang tercipta dari pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV)? 5. Bagaimana tingkat efisiensi pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV)? 6. Berapa besar elastisitas transmisi harga dari pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV)? Berdasarkan permasalahan di atas maka tujuan penelitian adalah sebagai berikut : 1. Menerangkan proses pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV). 2. Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV). 3. Menerangkan proses penentuan harga CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV) 4. Menerangkan share margin yang tercipta dari pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV). 5. Menerangkan efisiensi pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV). 6. Menerangkan elastisitas transmisi harga dari pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV). Lokasi penelitian ditentukan secara Purposive. Pengambilan responden dalam penelitian ini dilakukan secara Sensus, yaitu semua populasi karyawan kantor pusat PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN-IV) bagian pemasaran dan karyawan Kantor Pemasaran Bersama (KPB) PT Perkebunan Nusantara I-V Cabang Medan dijadikan responden dengan jumlah 83 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, model share margin pemasaran (Sm), model efisiensi pemasaran (Ep) dan model elastisitas transmisi harga pemasaran (Et). Berdasarkan analisis data, maka didapat hasil penelitian sebagai berikut : 1. Kegiatan pemasaran CPO (Crude Palm Oil) yang diterapkan oleh KPB PTPN adalah lelang terbuka (tender) dan kontrak penjualan jangka panjang. Pembayaran dilaksanakan secara tunai selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari setelah tanggal kontrak. Penyerahan barang dilaksanakan selambat-lambatnya 15 hari setelah tanggal pembayaran. 2. Mutu/kualitas (% Asam Lemak Bebas, kadar air, dan kotoran), kebijakan perbankan, promosi, pelabuhan, dan para pesaing merupakan faktor- faktor yang mempengaruhi kegiatan pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV. 3. Penentuan harga jual CPO (Crude Palm Oil) milik PT Perkebunan Nusantara IV yang dibuat oleh Kantor Pemasaran Bersama (KPB) didasari pada mekanisme pasar (harga yang berlaku dipasar). 4. Share Margin kegiatan pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV ke pasar Domestik, yaitu 96,74% sedangkan nilai share margin pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV ke pasar Luar Negeri (Ekspor), yaitu sebesar 95,30% dan nilai share margin pemasaran total CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV ke pasar Luar Negeri (Ekspor) dan Dalam Negeri (Domestik), yaitu 95,97%. 5. Kegiatan pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV yang dilakukan oleh KPB PTPN telah efisien. 6. Elastisitas transmisi harga pemasaran CPO (Crude Palm Oil) PT Perkebunan Nusantara IV bersifat inelastis pada pasar ekspor dan domestik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan agar produsen CPO (Crude Palm Oil) dalam hal ini PTPN-IV lebih meningkatkan mutu CPO (Crude Palm Oil) yang dihasilkan baik dengan memperbaiki kegiatan manajemennya maupun dengan menetapkan standarisasi mutu sesuai dengan perdagangan internasional. Disarankan agar Kantor Pemasaran Bersama PT Perkebunan Nusantara (KPB PTPN) lebih menjalankan fungsinya sebagai market intelligent dan mediator. Disarankan agar pemerintah dapat membantu produsen CPO (Crude Palm Oil) dalam setiap kebijakan yang dibuat
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/51883
    Collections
    • Undergraduate Theses [2461]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV