Show simple item record

dc.contributor.advisorFauzi, Amrin
dc.contributor.advisorRini, Endang Sulistya
dc.contributor.authorYuliawan, Eko
dc.date.accessioned2022-11-03T06:32:41Z
dc.date.available2022-11-03T06:32:41Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/53331
dc.description.abstractOne of the factors determining the level of success and quality of university is the capability of the university of providing services to its students. The quality of service significantly contributes to the creation of differenciation, positioning, and competitive strategy of each university as service provider. The concequence of service quality approach for a product has an important essence for the strategy had by a university to maintain its existence and to succeed in competition. The purpose of this descriptive quantitative explanatory study was to find out the influence of the quality of education service on the achievement of the students of STMIK Mikroskil Medan with success as the intervening variable. The population of this study was 893 students and 163 of them were selected to be the respondents for this study. The data obtained were analyzed through Structural Equation Modelling (SEM) technique. The result of this study showed that the quality of educational service had a significant irifluence on the achievement of students. The variable of reesponsiveness had a dominant influence (85.3%) on the achievement of students. The result of this study also showed that the quality of educational service had a significant influence on the satisfaction of students. The variuable of assurance had a dominant influence (58. J %) on the satisfaction of students.en_US
dc.description.abstractSalah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan dan kualitas Perguruan Tinggi adalah kemampuan Perguruan Tinggi dalam memberikan pelayanan kepada Mahasiswa. Kualitas jasa atau kual itas layanan (service quality) berkontribusi signifikan bagi penciptaan diferensiasi, positioning, dan strategi bersaing setiap Perguruan Tinggi sebagai penyedia jasa. Konsekuensi atas pendekatan kualitas jasa suatu produk memiliki esensi penting bagi strategi Perguruan Tinggi untuk mempertahankan diri dan mencapai kesuksesan dalam menghadapi persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pendidikan terhadap prestasi mahasiswa pada STMIK Mikroskil Medan dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian ini adalah explanotary research. Populasi pada penelitian ini berjumlah 893 mahasiswa dengan jumlah sampel adalah 163 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan pendidikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi mahasiswa. Variabel daya tanggap memiliki pengaruh dominan terhadap prestasi mahasiswa sebesar 85.3%. dari hasil penelitian juga menunjukan bah\\·a kualitas pelayanan pendidikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Variabel jaminan memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 58.1 %.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectService Qualityen_US
dc.subjectStudents' Achievementen_US
dc.subjectSatisfactionen_US
dc.titlePengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan terhadap Prestasi Mahasiswa pada STMIK Mikroskil Medan dengan Kepuasan sebagai Variabel Interveningen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM107019073
dc.identifier.nidnNIDN8894330017
dc.identifier.nidnNIDN0013056205
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI61101#Ilmu Manajemen
dc.description.pages143 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record