dc.contributor.advisor | Fauzi, Amrin | |
dc.contributor.advisor | Rini, Endang Sulistya | |
dc.contributor.author | Yuliawan, Eko | |
dc.date.accessioned | 2022-11-03T06:32:41Z | |
dc.date.available | 2022-11-03T06:32:41Z | |
dc.date.issued | 2012 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/53331 | |
dc.description.abstract | One of the factors determining the level of success and quality of university is
the capability of the university of providing services to its students. The quality of
service significantly contributes to the creation of differenciation, positioning, and
competitive strategy of each university as service provider. The concequence of
service quality approach for a product has an important essence for the strategy had
by a university to maintain its existence and to succeed in competition. The purpose
of this descriptive quantitative explanatory study was to find out the influence of the
quality of education service on the achievement of the students of STMIK Mikroskil
Medan with success as the intervening variable. The population of this study was 893
students and 163 of them were selected to be the respondents for this study. The data
obtained were analyzed through Structural Equation Modelling (SEM) technique.
The result of this study showed that the quality of educational service had a
significant irifluence on the achievement of students. The variable of reesponsiveness
had a dominant influence (85.3%) on the achievement of students. The result of this
study also showed that the quality of educational service had a significant influence
on the satisfaction of students. The variuable of assurance had a dominant influence
(58. J %) on the satisfaction of students. | en_US |
dc.description.abstract | Salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan dan kualitas
Perguruan Tinggi adalah kemampuan Perguruan Tinggi dalam memberikan
pelayanan kepada Mahasiswa. Kualitas jasa atau kual itas layanan (service quality)
berkontribusi signifikan bagi penciptaan diferensiasi, positioning, dan strategi
bersaing setiap Perguruan Tinggi sebagai penyedia jasa. Konsekuensi atas
pendekatan kualitas jasa suatu produk memiliki esensi penting bagi strategi
Perguruan Tinggi untuk mempertahankan diri dan mencapai kesuksesan dalam
menghadapi persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
kualitas pelayanan pendidikan terhadap prestasi mahasiswa pada STMIK
Mikroskil Medan dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian ini
adalah explanotary research. Populasi pada penelitian ini berjumlah 893 mahasiswa
dengan jumlah sampel adalah 163 responden. Teknik analisis data yang digunakan
adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa
kualitas pelayanan pendidikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi
mahasiswa. Variabel daya tanggap memiliki pengaruh dominan terhadap prestasi
mahasiswa sebesar 85.3%. dari hasil penelitian juga menunjukan bah\\·a kualitas
pelayanan pendidikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
mahasiswa. Variabel jaminan memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan
mahasiswa sebesar 58.1 %. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Service Quality | en_US |
dc.subject | Students' Achievement | en_US |
dc.subject | Satisfaction | en_US |
dc.title | Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan terhadap Prestasi Mahasiswa pada STMIK Mikroskil Medan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM107019073 | |
dc.identifier.nidn | NIDN8894330017 | |
dc.identifier.nidn | NIDN0013056205 | |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI61101#Ilmu Manajemen | |
dc.description.pages | 143 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |