Persepsi Masyarakat tentang Peran Pendidikan untuk Menaikkan Status Sosial ( Studi Kasus Dusun Sidodadi Paluh Merbau Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara )
View/ Open
Date
2008Author
Tarigan, Sentosa
Advisor(s)
Badaruddin
Lubis, Zulkifli
Metadata
Show full item recordAbstract
This thesis describes a study on the life of the people of Dusun Sidodadi,
Paluh Merbau, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi
Sumatera Utara and their perception on the role of education to improve social status
in order to understand why many children of secondary school age do not continue
their study.
This thesis was written based on the qualitative analysis of the data found
through a field research on the phenomenon occurred in Dusun Sidodadi, Paluh
Merbau in which many children of secondary school age do not continue their study
after graduating from the S.D (Primary School) located in their village. The data of
this phenomenon were obtained through interview and observation of their daily
activities in their village. Interview and discussion done were focused on two groups
- the elder people group and the school age children group. The purpose is to
understand the factors causing most of the children graduated from the primary
School in Dusun Sidodadi, Paluh Merbau do not continue their education to Junior
High and Senior High Schools and University.
Theoretically, one of the causes of the phenomenon is the negative perception
of community on the education itself that the children especially those who are
graduated from Primary School lost their interest and are not motivated to continue
their education. This perception of community on education especially the role of
education to improve social status is discussed in this thesis.
The result of field research shows that the cause of the previously mentioned
phenomenon is not their negative perception on education, but because of the things
that influence their motivation to continue their study.
This study reveals that positive perception on education and its role to
improve social status are not strong enough to motivate the children to continue their
study to a higher level. The other supporting factors such as availability of fund and
adequate environmental condition, either social or physical environments such as
road and transportation, because Junior and Senior Schools and University are located
outside of or far from Dusun Sidodadi, Paluh Merbau.
Therefore, it is suggested that the government establish Junior and Senior
High Schools or Senior Vocational School in Dusun Sidodadi, Paluh Merbau as well
as provide road betterment. Tesis ini berisi deskripsi dan kajian tentang kehidupan warga masyarakat
Dusun Sidodadi Paluh Merbau Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang
Propinsi Sumatera Utara dan persepsi mereka tentang peran pendidikan untuk
menaikkan status sosial, untuk memahami penyebab banyaknya anak-anak usia
sekolah menengah yang tidak melanjutkan pendidikan.
Penyusunan tesis ini didasarkan pada analisa kualitatif dari data basil
penelitian lapangan tentang fenomena yang terjadi di Dusun Sidodadi Paluh Merbau
yaitu banyaknya anak-anak usia sekolah menengah yang tidak melanjutkan
pendidikannya setelah mereka tamat sekolah S.D. di dusun. Data mengenai fenomena
ini diperoleh melalui wawancara dan observasi terhadap aktivitas mereka setiap
harinya di dusun, wawancara terhadap penduduk dan diskusi terfokus dalam
kelompok-kelompok yang sengaja dibentuk, yaitu kelompok orang tua dan kelompok
anak usia sekolah. Tujuannya adalah untuk memahami faktor-faktor penyebab,
mengapa kebanyakan anak-anak lulusan sekolah dasar Dusun Sidodadi Paluh Merbau
tidak melanjutkan pendidikannya ke SL TP, SMU, dan Perguruan Tinggi.
Secara teoritis, salah satu penyebab fenomena tersebut adalah persepsi
masyarakat yang negatif tentang pendidikan itu sendiri, sehingga anak-anak lulusan
SD khususnya, tidak berminat dan tidak tennotivasi untuk melanjutkan pendidikan.
Persepsi masyarakat tentang pendidikan itulah yang diungkapkan dalam tesis ini,
khususnya peran pendidikan untuk menaikkan status sosial.
Dari basil analisa data lapangan diperoleh kesimpulan bahwa temyata penyebab
fenomena di atas bukan persepsi mereka yang negatif tentang pendidikan, melainkan
oleh karena adanya hal-hal yang mempengarubi motivasi mereka untuk melanjutkan
pendidikan itu.
Dalam penelitian ini terungkap bahwa temyata persepsi yang positif saja
tentang pendidikan dan perannya untuk menaikkan status sosial tidak cukup kuat
untuk: memotivasi mereka untuk berusaha melanjutkan pendidikan ke jenjang yang
lebih tinggi. Haros tersedia juga faktor-faktor pendukung lain berupa ketersediaan
dana dan kondisi lingkungan yang memadai, baik lingkungan sosial maupun
lingk.ungan fisik, antara lain prasarana jalan dan sarana transportasi, karena sekolah
lanjutan, seperti SL TP dan SMU/SMK hanya ada di luar Dusun Sidodadi Paluh
Merbau.
Oleh sebab itu pemerintah perlu mendirikan Sekolah Lanjutan Tingkat
Pertama (SL TP), Sekolah Menengah Umum (SMU), ataupun Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) di Dusun Sidodadi Paluh Merbau dan sekaligus memperbaiki jalan
umum.