Persepsi Masyarakat Tebiiadap Pelayanan Publik di Kecamatan Medan Marelan Kota Medan
View/ Open
Date
2007Author
Lafau, Liza Damayanti
Advisor(s)
Bengkel
Sihombing, Marlon
Metadata
Show full item recordAbstract
The background of this research is the low quality of government apparatus service on performance of prime service and public service for peoples. The title of this thesis is "Perception of people on public service in subdistrict Medan Marelan Medan City" This research is to assess how perception of people on public service in subdistrict Medan Marelan Medan City, to know how perception of peoples on public service in subdistrict Medan Marelan Medan City to analyze the factors effecting the quality of public service in subdistrict office of Medan Marelan, Medan City and to know the attempts taken by subdistrict office of Medan Marelan Medan City, to improve the quality of public service
The research uses the analysis descriptive through quantitative approach. The population in this research is all people of subdistrict of Medan Marelan Medan City and sampling is by accidental, ie, the people who are completing some admmistration in subdistrict office Medan Marelan for penod of three months, 200 people. Technic of collecting data uses the library and field research with interview activities and distribution of questionnaires, and analysis of data is by using quantitative analysis technic and single table.
The research concludes that quality of public service received by people is negative, this is largely due to the lack of service quality by side of subdistrict unit and local. In general, performance of subdistrict office of Medan Marelan is not so good to provide the people with service as evident by each clemenet of service There is a best element, and ten element are good, and three elements are poor to have good government as realization of essential public service, subdistrict of Medan Marelan is suggested to practice the responsive, informative, aspirative and coordinative and non beaueracy service to peoples widely. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kualitas pelayanan
aparahr pemerintah terhadap pemberian pelayanan prima serta pelayanan publik
kepada masyarakat. Judul penelitian tesis ini "Persepsi Masyarakat Terhadap
Pelayanan Publik di Kecamatan Medan Marelan Kota Medan". Penelitian ini
mengkaji bagaimana persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik di Kecamatan
Medan Marelan Kota Medan. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi
masyarakat terhadap pelayanan publik di Kecamatan Medan Marelan Kota Medan;
untuk menganalisis faklor-hktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik pada
Kantor Camat Medan Marelan Kota Medan dan untuk mengetahui upaya-upaya yang
dilakukan oleh Kantor Camat Medan Marelan Kota Medan dalam upaya peningkatan
kualitas pelayanan publik.
Perielitian rni menggunakan deskriptif analisis melalui pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelihan ini adalah seluruh masyarakat di Kecamatan Medan
.Marelan Kota Medan sedangkan pengambilan sampel dilalorkan secara accidental
yaitu masyarakat yang secara kebetulan mengunrs urusan di kantor Camat Medan
Marelan selami kurun waktu 3 bulan sebanyak 200 orang. Teknik pengumpulan
datanya menggunakan kepustakaan dan lapangan dengan kegiatan-kegiatan
wawarcara melalui penyebaran angket atau kuesioner. Sedangkan dalam
menganalisis datanya menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan memakai tabel
tunggal.
Berdasarkan hasil penelitial dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan
publik yang diterima masyarakat hasinya negatif hal ini disebabkan karena kurangnya
kualitas pelayanan dari pihak kecamatan dan kelurahan sedangkan peranan
kecamatan dalam pelayanan publik sudah terlaksana dengan baik. Secara umum
kinerja kantor Camat Medan Marelan kurang baik dalam memberikan pelayanan
kepada masyarakat yang dapat dilihat dari rnsing-masing unsur pelayanan. Terdapat
satu uosur yang sangat baik dan 10 unsur pelayanan yang termasuk baik serta atla 3
unsur pelayanan yang tidak baik, fuar ke depan pelayanan pubhk diarahkan lebih
responsive, informative, tidak birolaatis, aspiratif dan mempunyai koordinasi yang
jelas sehingga tercipta good government sebagar wujud public service yang hakiki
untuk meuujudkan Marelan Bestari.