Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Baru Universitas Sumatera Utara
View/ Open
Date
2022Author
Agustina, Bella
Advisor(s)
Supriyantini, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Stres akademik diartikan sebagai perasaan tegang serta tidak nyaman yang
diakibatkan karena individu merasa tidak mampu untuk menanggulangi tuntutan tuntutan yang ada di lingkungan (Sarafino & Smith, 2011). Salah satu bentuk
faktor yang dapat membantu menangani stres yang terjadi adalah dukungan sosial
teman sebaya. Teman sebaya memberikan dukungan sosial dalam bentuk bantuan,
penghargaan, perhatian, serta kenyamanan yang diperoleh individu dari individu
lain atau kelompok sosial yang dimiliki (Sarafino & Smith, 2011). Penelitian ini
bertujuan untuk melihat hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan
stres akademik pada mahasiswa baru Universitas Sumatera Utara dengan
menggunakan subjek penelitian 335 responden dengan teknik non-probability
sampling dengan metode incidental sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan skala psikologi, yaitu skala dukungan sosial teman sebaya yang
disusun berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Sarafino dan Smith
(2011) dan skala stres akademik yang disusun berdasarkan aspek-aspek stres yang
dikemukakan oleh Sarafino dan Smith (2011). Analisa data yang digunakan
adalah dengan metode Pearson’s Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara dukungan sosial
teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa baru Universitas Sumatera
Utara. Artinya bahwa semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka
semakin rendah stres akademik. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial
teman sebaya maka semakin tinggi stress akademik. Academic stress is defined as tense and uncomfortable caused by feelings of
inability to face challenges in the environment (Sarafino & Smith, 2011). One
form of factor that can help deal with stress that occurs is peer social support.
Peers provide social support in the form of help, appreciation, attention, and
comfort obtained from other individuals or social groups owned (Sarafino &
Smith, 2011). This study aims to see the relationship between peer social support
and academic stress on new students at the University of North Sumatra by using
335 respondents as a subject with a non-probability sampling research technique
with incidental sampling method. The data collection method used a
psychological scale, namely the peer social support scale which was compiled
based on the aspects proposed by Sarafino and Smith (2011) and the academic
scale was compiled based on the stress aspects proposed by Sarafino and Smith
(2011). Analysis of the data used is the Pearson Product Moment method. The
results showed that there was a negative and significant relationship between peer
social support and academic stress on new students at the University of North
Sumatra. That is, the higher the peer social support, the lower the academic stress.
Conversely, the lower the peer social support, the higher the academic stress.
Collections
- Undergraduate Theses [1360]