Hubungan Stres Selama Masa Pandemi COVID-19 dengan Xerostomia pada Mahasiswa FKG USU
Abstract
Pandemi Corona Virus Disease-19 (COVID-19) merupakan fenomena baru
yang terjadi diseluruh dunia dan membawa banyak perubahan termasuk di bidang
pendidikan. Terbatasnya berbagai aktivitas, metode belajar secara online membuat
seluruh mahasiswa harus mengikuti perubahan yang ada. Hal itu dapat menimbulkan
kesulitan sehingga mahasiswa dapat mengalami stres. Kondisi yang memicu
terjadinya stres disebut dengan stresor. Stres merupakan salah satu faktor predisposisi
terjadinya xerostomia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stres
selama masa pandemi COVID-19 dengan terjadinya xerostomia pada mahasiswa
FKG USU. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FKG USU stambuk 2017 sampai
stambuk 2021 yang bersedia mengisi informed consent sebanyak 88 orang. Penelitian
ini dilakukan pada bulan Mei 2022. Metode pemilihan sampel pada penelitian ini
adalah proportional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner CPDI dan kuesioner FOX. Analisis data dilakukan menggunakan uji
statistik Chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan 23,9% mahasiswa mengalami
xerostomia dan 76,1% mahasiswa tidak mengalami xerostomia. Terdapat 40%
mahasiswa kategori stres normal, 51,1% distres ringan-sedang dan 7,9% mahasiswa
distres berat. Mayoritas stresor penelitian ini adalah ketidaknyamanan selama
perkuliahan daring jarak jauh yaitu sebesar 23,9% diikuti dengan kekhawatiran
tertular virus 21,6% dan ketidaknyamanan akibat interaksi sosial secara tatap muka
20,4%. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik Chi-square yang
menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara stres selama masa
iii
pandemi COVID-19 dengan xerostomia pada mahasiswa FKG USU (p=0,003).
Sebagai kesimpulan, hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara stres
selama masa pandemi COVID-19 dengan xerostomia pada mahasiswa FKG USU
Collections
- Undergraduate Theses [1901]
