Iklan “Mandiri Fiesta” dan Tindakan Menabung Nasabah di Pt Bank Mandiri (Persero) Tbk (Studi Korelasional Tentang Iklan “Mandiri Fiesta” Melalui Media Televisi terhadap Tindakan Menabung Nasabah di Pt Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Medan Imam Bonjol, Medan)
Abstract
Penelitian ini berjudul Iklan “MANDIRI FIESTA” dan Tindakan Menabung Nasabah
di PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK (Studi Korelasional tentang Iklan “Mandiri
Fiesta” melalui media Televisi terhadap Tindakan Menabung Nasabah di PT Bank Mandiri
(Persero) Tbk Cabang Medan Imam Bonjol, Medan). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui sejauhmana hubungan Iklan “Mandiri Fiesta” melalui media Televisi terhadap
Tindakan Menabung Nasabah di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Medan Imam
Bonjol, Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, metode
penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara Iklan “Mandiri
Fiesta” melalui media Televisi terhadap Tindakan Menabung Nasabah di PT Bank Mandiri
(Persero) Tbk Cabang Medan Imam Bonjol, Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
Cabang Medan Imam Bonjol, Medan yang aktif melakukan transaksi perbankan, yakni
berjumlah sebanyak 14.283 orang. Untuk menghitung jumlah sampel digunakan rumus Taro
Yamane dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90%, sehingga diperoleh sampel
sebanyak 99 orang. Teknik penarikan sampel, yaitu teknik Purposive Sampling dan Accidental
Sampling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan
penelitian kepustakaan, dengan mempelajari dan mengumpulkan data literatur, buku-buku
serta sumber relevan yang mendukung. Selain itu dilakukan penelitian lapangan dengan
menyebarkan kuesioner untuk memperoleh data yang diperlukan. Kemudian data yang ada
dianalisa dengan analisa tabel tunggal, analisa tabel silang dan uji hipotesa melalui rumus
koefisien Korelasi Rank Order oleh Spearman.
Dari hasil penelitian, dengan memakai piranti lunak SPSS 15.0, maka diperoleh rs
(rho) sebesar 0,471 Untuk mengetahui kuat lemahnya hubungan di antara variabel yang
diteliti, digunakan skala Guilford. Hasil rs = 0,471, dimana indeks korelasi terletak pada 0,40 –
0,70 dimana makna hubungannya cukup berarti, . Sesuai dengan kaidah Spearman, yaitu rs >
0, maka hipotesis diterima. Hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah Ha (Hipotesis
Alternatif). Artinya terdapat hubungan yang cukup berarti antara iklan “Mandiri Fiesta”
di media televisi dengan tindakan menabung nasabah di PT Bank Mandiri (Persero)
Tbk Cabang Medan Imam Bonjol, Medan
Sedangkan untuk peramalan indeks korelasi yang menentukan besar hubungan variabel
X (iklan “Mandiri Fiesta) terhadap variabel Y (tindakan menabung nasabah), digunakan rumus
Kp, Jadi hubungan antara Iklan Mandiri Fiesta dengan tindakan menabung nasabah
memberikan kontribusi sebesar 22,1 % terhadap tindakan menabung nasabah PT Bank
Mandiri (Persero) Tbk cabang Medan Imam Bonjol, Medan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara iklan “Mandiri
Fiesta” di media televisi dengan tindakan menabung nasabah di PT Bank Mandiri (Persero)
Tbk Cabang Medan Imam Bonjol, Medan.
Collections
- Undergraduate Theses [1786]