dc.description.abstract | Bisnis merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang dikerjakan oleh
perusahaan untuk mencari keuntungan atau nilai tambah. Mengingat persaingan
yang sangat ketat, setiap perusahaan harus memiliki strategi untuk dapat bertahan
hidup. Salah satu strategi yang perlu dilakukan adalah strategi pemasaran,
khususnya strategi penetapan harga. Strategi penetapan harga yang tepat tentunya
akan berdampak langsung pada perkembangan perusahaan, perkembangan
tersebut dapat dilihat langsung dari tingkat penjualan yang diperoleh perusahaan.
Adapun penelitian ini dilakukan di salah satu restoran fast food, Gaboh Burger
Dipo yang terletak di jalan Diponegoro 47, Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui cara dan strategi penetapan harga pada Gaboh Burger dalam
meningkatkan penjualannya.
Harga merupakan sejumlah uang yang dikeluarkan untuk memperoleh produk
yang kita inginkan. Penetapan harga merupakan suatu proses yang dilakukan oleh
sebuah perusahaan untuk menetapkan harga terhadap produk yang mereka
pasarkan dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan dari penjualan yang
dilakukan. Cara penetapan harga adalah langkah atau cara yang diterapkan dalam
menetapkan harga produk. Cara menetapkan harga harus didukung oleh strategi
yang tepat. Strategi adalah cara untuk mencapai tujuan jangka panjang. Strategi
penetapan harga merupakan strategi yang diterapkan oleh perusahaan untuk
menetapkan harga terhadap produk yang mereka jual guna memperoleh
pendapatan sehingga pada akhirnya akan memberikan keuntungan sesuai dengan
target yang ingin dicapai oleh perusahaan. Penerapan strategi penetapan harga
yang baik akan berdampak langsung terhadap keberhasilan perusahaan dalam
menjalankan usahanya. Keberhasilan tersebut dapat dilihat melalui tingkat
penjualan yang berhasil dicapai oleh perusahaan dalam periode tertentu.
Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif
dengan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua
bagian yaitu informan kunci yaitu manajer sekaligus owner Gaboh Burger,
informan utama yaitu bagian keuangan Gaboh Burger dan informan tambahan
yaitu karyawan Gaboh Burger. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini ada dua macam yaitu pertama teknik pengumpulan data primer
yaitu dengan melakukan wawancara dan melakukan observasi pada Restoran
Gaboh Burger Dipo Medan, sedangkan yang kedua adalah teknik pengumpulan
data sekunder yaitu dengan pengumpulan kepustakaan dan dokumentasi. teknik
analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik analisis
data kualitatif. Analisis data kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki
lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai lapangan. | en_US |