dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya
pemenuhan informasi pada mahasiswa khususnya mahasiswa komunikasi fisip
usu angkatan 2011, terhadap acara wide shot. Upaya yang peneliti ingin ketahui
disini adalah apakah mahasiswa komunikasi fisip usu dapat terpenuhi
informasinya dalam menonton acara Wide Shot di Metro Tv.
Berkaitan dengan hal tersebut, dalam peneliatan ini, peneliti menggunakan
teori komunikasi, komunikasi massa, televisi, uses and gratification, information
seeking paradigma. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode
korelasional yang bersifat mencari atau menjelaskan hubungan serta menguji
hipotesis. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 122 orang. Mahasiswa
komunikasi FISIP USU angkatan 2011. Untuk menghitung jumlah sampel dari
data populasi, maka dari data yang ada peneliti mengambil sampel sesuai dengan
pendapat taro Yamane denagan presisi 10% dengan tingkat kepercayaan 90 %.
Setelah dilakukan perhitungan maka diperoleh sampel sebanyak 54 orang. Untuk
penarikan sampel peneliti menggunakan purposive sampling.
Selain melalui penelitian pustaka berupa buku-buku dan internet,
pengumulan data juga dilakukan dengan cara memberikan sejumlah pertanyaan
dalam bentuk kuesioner kepada responden. Sewaktu kuesioner dikembalikan oleh
responden, peneliti langsung melakukan pengeditan terhadap hasil kuesioner yang
telah disebarkan, lalu memberikan kode pada jawaban-jawaban pada responden,
kemudian hasilnya disajikan dalam bentuk table frekuensi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti mengetahui bahwa para
responden hampir sebagian besar ternyata berpendapat bahwa acara wide shot di
metro TV dapat memenuhi informasi bagi mahasiswa khususnya mahasiswa
komunikasi angkatan 2011. | en_US |