Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Setia Budi Medan)
View/ Open
Date
2013Author
Noor, Haqi Ramadhan
Advisor(s)
Ketaren, Nurlela
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan perekonomian yang senantiasa berkembang akan
menyebabkan timbulnya persaingan yang semakin ketat. Demikian halnya dengan
PT BRI (Persero) Tbk Unit Setia Budi yang mengalami perkembangan terusmenerus.
PT BRI (Persero) Tbk Unit Setia Budimerupakan salah satu perusahaan
perbankan yang menerapkan strategi customer realtionship management (CRM)
yang bertujuan untuk meningkatkan loyalitas nasabah.Pada tahun 2011 terjadi
penurunan jumlah nasabah yang cukup drastis, namun pada tahun 2012 terjadi
sedikit peningkatan jumlah nasabah.Adapun yang menjadi masalah dalam
penelitian ini adalah penurunan jumlah nasabah yang cukup drastis pada tahun
2011.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
customer relationship management (CRM) (X) terhadap loyalitas nasabah (Y)
pada PT BRI (Persero) Tbk Unit Setia Budi.Untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh CRM terhadap loyalitas nasabah dapat diukur melalui karyawan yang
memiliki kompetensi, proses yang di desain dengan baik serta teknologi yang
memadai.
Penelitian ini memiliki jumlah populasi sebesar 4326 responden yang akan
diperkecil dengan menggunakan rumus Slovin :
...
n =
4326
1 + 4326x0,12 = 97,74 → 100 responden
Sampel yang berjumlah 100 responden akan diambil secara acak
menggunakan simple random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah
metode analisis kuantitatif yang meliputi analisis regresi linear sederhana, uji
normalitas, uji hipotesis (Uji-t) dan uji analisis koefisien determinasi (R2) yang
dibantu oleh software SPSS 18 for windows. Hasil pengolahan data menunjukkan
persamaan regresi sebagai berikut:
Y = a + Bx
Y = 4,436 + 0,198X
Hasil penelitian berdasarkan hasil pengujian hipotesis (Uji-t) diperoleh
nilai thitung sebesar 4,411 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 16,6% dan
berdasarkan analisis regresi linear sederhana dan Uji-t menunjukkan bahwa
variabel customer relationship management (CRM) berpengaruh positif (0,198)
dan signifikan (0,000) terhadap loyalitas nasabah PT BRI (Persero) Tbk Unit Setia
Budi. Sehingga, jika variabel customer relationship management (CRM)
dinaikkan sebanyak 1 kali maka variabel loyalitas nasabah akan naik sebesar
0,198. Dengan demikian peningkatan customer relationship management (CRM)
dapat meningkatkan loyalitas nasabah PT BRI (Persero) Tbk Unit Setia Budi.
Collections
- Undergraduate Theses [1432]