Analisis Minat Belajar Siswa dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada SD Negeri 064982 Medan Helvetia
View/ Open
Date
2022Author
Saragih, Anggraini
Advisor(s)
Sibarani, Magdalena Linda Leonita
Metadata
Show full item recordAbstract
Pandemi covid-19 menyerang hampir seluruh negara didunia termasuk
Indonesia yang mempengaruhi banyak aspek kehidupan seperti perekonomian,
sosial, budaya, kesehatan, politik, hukum dan pendidikan. Di dunia pendidikan
pembelajaran tatap muka yang seharusnya diadakan seratus persen disekolah,
secara tiba tiba mengalami perubahan drastis. Baik siswa maupun guru dituntut
untuk mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam
menunjang pembelajaran di sekolah.
Menurut Rusman (2015:87) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan dan
penyampaian atau pemindahan informasi antar sarana/media. Teknologi informasi
dan komunikasi pada era saat ini mengalami perkembangan yang pesat. Seiring
dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah mempengaruhi segala aspek
kehidupan baik bidang ekonomi, politik, seni dan kebudayaan bahkan di dunia
pendidikan. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan sangat penting
dalam usaha sistematik seperti merancang, melaksanakan dan mengevaluasi
keseluruhan proses belajar untuk mencapai pembelajaran yang efektif.
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan
media pembelajaran seperti aplikasi wordwall, youtube, video pembelajaran
diperlukan untuk mempermudah siswa menguasai materi pembelajaran,
meningkatkan hasil belajar siswa, dan menambah minat belajar siswa. Proses pembelajaran kepada siswa dapat ditingkatkan dengan pemilihan media yang
tepat sehingga dapat meningkatkan kompetensi, kemampuan dan minat belajar
siswa. Menurut Arsyad (2013: 15- 16) mengemukakan bahwa, pemakaian media
pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan
minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan
bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Pendidik juga
haruslah kreatif dalam memilih media dalam mengajar siswa untuk meningkatkan
minat belajar siswa. Minat belajar dapat diartikan sebagai suatu kesukaan,
kegemaran atau kesenangan bahwa minat timbul tidak secara tiba-tiba atau
spontan, melainkan timbul akibat dari partisipasi, pengalaman kebiasaan pada
waktu belajar (Susanto, 2013).