• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Business Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Business Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Komunikasi Pedagang Pakaian Bekas dalam Menetapkan Harga pada Pembeli (Studi Kasus pada Pasar Tradisional Inpres Medan)

    View/Open
    Fulltext (2.974Mb)
    Date
    2013
    Author
    Silalahi, Esra Erita Sari
    Advisor(s)
    Humaizi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Skripsi ini berjudul Komunikasi Pedagang Pakaian Bekas dalam Menetapkan Harga dengan sub judul studi kasus pada Pasar Inpres Kwala Bekala Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentukbentuk komunikasi yang dilakukan pedagang pakaian bekas dalam proses komunikasi dengan pembeli, untuk mengetahui proses tawar- menawar yang terjadi antara pedagang pakaian bekas dan pembeli di Pasar Tradisional Inpres Medan dalam menetapkan harga serta untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi pedagang dalam proses penetapan harga pakaian bekas di Pasar Tradisional Inpres Medan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, yaitu penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala- gejala, fakta- fakta, atau kejadiankejadian secara sistematis dan akurat serta menganalisanya berdasarkan data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Pembahasannya dianalisis melalui hasil wawancara serta menggunakan interpretasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yakni pedagang pakaian bekas yang dipilih berdasarkan kriteria yang peneliti ajukan. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa bentuk- bentuk komunikasi yang dilakukan pedagang pakaian bekas dalam proses komunikasi dan proses tawarmenawar dengan pembeli terjadi secara verbal yakni berupa menyapa, bersikap ramah, memberi humor, membujuk, meyakinkan, memberi perbandingan dan menekan pembeli. Komunikasi non verbal terjadi dalam bentuk ekspresi wajah, isyarat badan yang bersahabat, kontak mata yang bersemangat, pola titi nada suara dan volume suara. Terdapat faktorfaktor yang mempengaruhi pedagang dalam menetapkan harga pada pembeli di antara penampilan pembeli, primordial, competitor atau pedagang barang sejenis serta cost atau biaya- biaya yang ada dalam proses perdagangan pakaian bekas seperti cukai kebersihan, iuran harian, iuran bulanan dan harga sewa kios.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/59085
    Collections
    • Undergraduate Theses [1432]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV