Pengaruh Kepemimpinan terhadap Efektivitas Kerja Pegawai pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Kota
Abstract
Pembangunan nasional Indonesia adalah paradigma pembangunan yang
terbangun atas pengalaman pancasila yaitu pembangunan manusia indonesia
seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, dengan pancasila
sebagai dasar, tujuan, dan pedomannya. Untuk membangun sebuah bangsa
diperlukan dana untuk pendukungnya karena dalam menjalankan pembangunan
diperlukan banyak biaya. Untuk memenuhi biaya pembangunan salah satu
sumbernya adalah dari pajak.
Kewenangan pengelolaan pajak dilimpahkan secara dekonsentralisasi ke
direktorat jenderal pajak dan selanjutnya kantor pelayanan pajak pratama di
seluruh Indonesia. Setiap kantor pelayanan pajak menjalankan tugas administrasi
yang berkaitan dengan perpajakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
yang berlaku. Masing-masing kantor pajak di Indonesia telah diberikan target
penerimaan pajak di wilayahnya masing-masing. Dalam pemenuhan target
tersebut maka diperlukan fungsi kepemimpinan yang baik agar tercapai tujuan
organisasi tersebut sesuai dengan yang telah ditetapkan. Menurut Miftah Thoha
(2010:9) kepemimpinan adalah kegiatan untuk memengaruhi perilaku orang lain,
atau seni memengaruhi perilaku manusia baik perorangan maupun kelompok.
Pemimpin dapat mempengaruhi moral, kepuasan kerja, keamanan,
kualitas kehidupan kerja dan terutama tingkat prestasi suatu organisasi.
Kemampuan dan keterampilan dalam pengarahan adalah faktor penting efektivitas suatu organisasi bila organisasi dapat mengindentifikasikan kualitas yang
berhubungan dengan kepemimpinan, kemampuan untuk menyeleksi pemimpin
yang efektif akan meningkat. Dan bila organisasi dapat mengindintifikasikan
perilaku dan teknik-teknik kepemimpinan efektif organisasi, berbagai prilaku dan
teknik tersebut dapat dipelajari
Collections
- Undergraduate Theses [1936]
