dc.contributor.advisor | Sihombing, Marlon | |
dc.contributor.author | Sani, Wirda Widya | |
dc.date.accessioned | 2022-11-14T08:44:38Z | |
dc.date.available | 2022-11-14T08:44:38Z | |
dc.date.issued | 2011 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/59526 | |
dc.description.abstract | Seiring dengan bergulirnya arus reformasi, maka birokrasi juga tidak luput
dari sasaran reformasi, hal ini dapat dilihat dari bergesernya paradigma
pemerintah dari penguasa menjadi pelayan. Masyarakat/publik merasa kecewa
kepada pemerintah karena pemerintah dianggap sudah tidak mampu dalam
memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Untuk dapat mewujudkan
pemerintahan yang baik yang bercirikan Good Governance maka yang paling
penting diterapkannya prinsip-prinsip seperti Akuntabilitas dan Transparansi
dalam proses pelayanan publik. Buruknya kinerja pelayanan publik saat ini
disebabkan karena belum terlaksananya transparansi dan akuntabilitas yang baik
dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi prinsip prinsip Good Governance khususnya Akuntabilitas dan Transparansi dalam
Pelayanan Pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di
Kampung Sungai Liput serta untuk mengetahui hambatan-hambatan yang
dihadapi dalam menerapkan prinsip-prinsip tersebut. Teori yang digunakan adalah
teori tentang akuntabilitas, transparansi dan pelayanan publik. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di Kampung Sungai Liput ditemukan
bahwa dari berbagai indikator akuntabilitas dan transparansi, para pegawai
Kampung Sungai Liput sudah berhasil menerapkan prinsip akuntabilitas dan
trasnparansi dengan baik didalam proses pelayanan pengurusan KTP dan KK
sehingga masyarakat merasa nyaman dan tidak sungkan lagi berurusan dengan
Kampung serta para pegawai juga berusaha untuk meminimalkan hambatan hambatan yang akan dihadapi dalam proses pelayanan pengurusan KTP dan KK
di Kampung Sungai Liput. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Akuntabilitas | en_US |
dc.subject | Transparansi | en_US |
dc.subject | Pelayanan Publik | en_US |
dc.title | Akuntabilitas dan Transparansi dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kampung Sungai Liput Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM070903004 | |
dc.identifier.nidn | NIDN0016085904 | |
dc.identifier.kodeprodi | kodeprodi:KODEPRODI63201#Ilmu Adminitrasi Publik | |
dc.description.pages | 121 Halaman | en_US |
dc.description.type | Kertas Karya Diploma | en_US |