Strategi Bisnis Jasa Transportasi pada CV Sartika Group Medan
View/ Open
Date
2013Author
Sirait, Rouly Novalyna
Advisor(s)
Lumbanraja, Posman
Metadata
Show full item recordAbstract
Skripsi ini berjudul Strategi Bisnis Jasa Transportasi pada CV. Sartika
Group. Latar belakang skripsi ini adalah persaingan usaha yang semakin ketat
dalam bidang jasa transportasi terutama bus, maka menuntut perusahaan untuk
mengetahui strategi bisnis yang diterapkan dan mengetahui kondisi lingkungan
internal dan eksternal perusahaan karena hal tersebut secara tidak langsung dapat
mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan kedepannya. Besarnya minat
masyarakat menggunakan jasa transportasi darat, khususnya jasa transportasi bus
untuk melakukan perjalanan pulang atau bepergian ke berbagai daerah,
menyebabkan semakin banyak munculnya para pengusaha baru yang melihat
peluang bisnis dalam bidang jasa transportasi bus yang melayani antar kota antar
propinsi atau dalam propinsi. Dari hal tersebut dapat membuat analisis strategi
bisnis.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif Kualitatif yang
bertujuan mengetahui pelaksanaan dari penerapan strategi bisnis yang ada pada
CV. Sartika Group Medan dalam mengetahui potensi dari kendala atau ancaman
yang ditimbulkan dan penerapan strategi yang sebaiknya digunakan oleh
perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi bisnis yang dapat membantu CV. Sartika Group agar dapat
bertahan dan bersaing dengan usaha lain yang sejenis. Penelitian yang dilakukan
bersifat deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi,wawancara, serta dokumentasi. Alat analisis yang digunakan yaitu
analisis SWOT untuk mengetahui keunggulan-keunggulan strategis yang dimiliki
CV. Sartika Group Medan.
Berdasarkan diagaram SWOT, IFAS, EFAS, hasil penelitian menunjukan
Faktor Internal dan Eksternal CV. Sartika Group Medan berada pada kuadran II,
yaitu Strategi Diversifikasi yang dapat disimpulkan meskipun menghadapi
berbagai ancaman, perusahaan mempunyai keunggulan sumberdaya. Dan dapat
memanfaatkan peluang yang ada pada jangka panjang dan dilakukan melalui
pengguna strategi diversifikasiproduk atau pasar
Berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal diperoleh
kesimpulan bahwa CV. Sartika Group Medan berada pada posisi kompetitif serta
kondisi perusahaan sedang dalam kondisi tumbuh dan membangun, sehingga
alternatif strategi yang perlu diterapkan yaitu strategi ST. Dari penerapan strategi
ST dan berdasar matriks SPACE maka yang perlu diprioritaskan oleh CV. Sartika
Group Medan dalam menghadapi persaingan yang semangkin ketat yaitu
penerapan strategi pengembangan pasar, prioritas kedua yaitu strategi
pengembangan produk, selanjutnya yaitu strategi integrasi kedepan, belakang,
dan horizontal, serta penerapan strategi penetrasi pasar.
Collections
- Undergraduate Theses [1432]